Apakah status PR bisa expired?

Didalam banyak kesempatan, saya sering mendengar orang mengatakan bahwa status PR nya sudah kedaluwarsa (expired). Apakah status PR bisa expired?

Menurut pengertian yang saya baca dari website ICA – status PR melekat kepada seseorang tanpa batas waktu. Artinya secara sederhana bisa dikatakan bahwa statu PR tidak bisa kedaluwarsa. Begitu seseorang mendapatkan status PR – maka status tersebut akan melekat sampai si orang tersebut menyatakan mencabut statusnya “surrender” PR.

Jadi apa yang kedaluwarsa?

PR diwajibkan memiliki ijin keluar masuk (re-entry permit). Re-entry permit ini adalah ijin agar bisa memasuki Singapore dan berlaku selama 5 atau 10 tahun. Tanpa re-entry permit ini, seorang PR tidak bisa memasuki Singapore. Tetapi jangan khawatir, sebagai warganegara sesama negara ASEAN – tanpa re-entry permit ini , kita masih bisa memasuki Singapore selama 30 hari. Biasanya, re-entry permit inilah yang diributkan oleh orang-orang dan dianggap seolah-olah PR-nya kedaluwarsa.

Untuk memperpanjang re-entry permit, seorang PR harus memiliki pekerjaan yang tetap di Singapore dan tinggal di Singapore selama minimal 3 tahun untuk setiap jangka waktu 5 tahun.  Perpanjangan re-entry permit ini bisa dilakukan secara online atau melalui kios-kios SAM yang ada di seantero Singapore.

Jadi apakah satus PR bisa expired? Tidak.

3 thoughts on “Apakah status PR bisa expired?”

  1. hi, salam kenal
    saya berencana untuk tinggal di singapore dan bekerja di sana dalam waktu lebih dari 5 tahun, bagaimana cara mengurus izin tinggal untuk 1 orang ? apa saja yang perlu di persiapkan ? dan berapa biayanya ? terima kasih

  2. Dear CakRiwut

    hi..salam kenal, saya ingin menanyakan tentang perihal kerja di Sg, dalam waktu dekat ini saya dan suami mau bekerja disana dan sudah melamar kerja via website tapi, apakah bisa membuat PR jika belum dapat kerja dan kalau misalkan saya dan suami di terima kerja untuk salary saya sekitar 1800$ dan suami $300$ sgd, apakah cukup untuk biaya disana. mohon di balas

  3. Menanggapi pernyataan anda,

    1. PR singapura akan tetap melekat sampai orang tersebut meninggal atau surrender, pengertian ini terdapat di website ICA yang mana?

    2. Re-entry permit bisa expired namun status PR tetap, berarti saat kita masuk ke singapura sebagai visa turis (30hari)? kalo nantinya mau kembali bekerja apa menggunakan status PR ato bagaimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *