Konversi Surat Ijin Mengemudi

Jika Anda memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) Indonesia dan kemudian memutuskan pindah ke Singapore; maka tidak ada salahnya untuk mengkonversi SIM yang sudah Anda miliki menjadi SIM Singapore. Dengan memiliki SIM Singapore, maka Anda bisa mengendari motor atau mobil secara legal.

image

Bagaimana cara mengkonversi SIM Indonesia menjadi SIM Singapore?

1. Daftarkan diri untuk mengikuti Basic Theory Test (BTT).
2. Pada hari-H, datanglah ke tempat ujian BTT dan selesaikan ujian. Anda harus menjawab minimal 90% dengan benar agar lulus.
3. Setelah lulus BTT, Anda langsung menuju kantor perwakilan polisi lalu lintas di tempat ujian, mengisi formulir konversi, menyerahkan kelengkapan dokumen dan membayar biaya.
4. Anda akan mendapat secarik kertas yang menyatakan bahwa Anda telah berhak mengemudi di Singapore untuk kelas kendaraan yang dibenarkan.
5. Sebulan kemudian barulah Anda akan mendapat SIM ber-pas-foto, seukuran kartu kredit; yang dikirim melalui surat tercatat ke alamat rumah.

Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut ini tips yang mungkin bermanfaat:
1. Untuk menghemat biaya, pastikan bahwa Anda hanya mengikuti ujian tulis BTT.
2. Jika SIM Anda pernah diperbaharui di Indonesia, pastikan bahwa Anda mengantongi surat rekomendasi dari Kepolisian RI yang menyatakan bahwa SIM Anda telah diperbaharui dan memuat sejarat penerbitan SIM Anda di Indonesia.
3. Pada saat mengikuti ujian tulis BTT, Anda sebaiknya membawa Passport, Passfoto dan kelengkapan dokumen lain agar bisa langsung mengajukan aplikasi konversi. (Tentu saja setelah lulus BTT).
4. Jika Anda belum yakin bisa menjawab 50 soal BTT, carilah mock-up testing yang tersedia banyak di Internet. Anda juga bisa membeli dengan harga cukup murah, berkisar antara 2-6 SGD.

March 30, 2012 · cakriwut · 8 Comments
Tags:  · Posted in: Others

8 Responses

  1. ini_budi - February 22, 2013

    jika saya membuat sim baru (perpanjang sim yg sudah 3 tahun mati) dan tanpa surat rekomendasi polisi (mereka ga ngerti surat apaan) kira2 possibilitynya buat lulus gimana ya (asumsi BTT passed)? trims sblmnya.

  2. cakriwut - February 22, 2013

    Salam,

    Sim baru yang dibuat setelah sim mati lebih dari 1 tahun, tidak bisa disebut sebagai sim perpanjangan. Menurut ps 224 ayat 3 PP No. 4 th 1993 (coba cek lagi), jika habis masa berlaku lebih dari 1 tahun – maka calon pengemudi wajib mengikuti ujian praktek dan ujian tulis; ini sama seperti pembuatan sim baru dan bukan sim perpanjangan.
    Jadi dalam kasus Anda, Anda harus mengikuti proses pembuatan sim di Singapore secara lengkap.

    Surat rekomendasi yang dimaksud adalah surat keterangan bahwa pemegang SIM no. sekian, adalah bekas pemegang SIM no. sekian yang sudah habis masa berlakunya dan diperpanjang sampai dengan (tanggal berlaku sim baru).

    Semoga membantu,

    Riwut

  3. Halim - May 21, 2013

    Halo saya mau tanya, ada contoh surat rekomendasi dari Kepolisian RI yang menyatakan bahwa SIM Anda telah diperbaharui dan memuat sejarat penerbitan SIM Anda di Indonesia. Apa yang harus dicantumkan di suratnya? Itu pembuatanya di kantor polisi mana aja? Terima kasih.

  4. cakriwut - July 4, 2013

    Salam,

    Suratnya bias diminta di kantor polisi yang mengeluarkan SIM. Misalnya, untuk Jakarta – kita bisa meminta surat keterangan kepemilikan SIM di POLDA (Daan Mogot) – di bagian arsip.
    Suratnya dibuat dalam bahasa Ingris, dengan keterangan jenis SIM, nomor dan tanggal pertama kali dikeluarkan.

    -Riwut-

  5. Agus Budiono - June 16, 2014

    Salam cakriwut,

    Saya ingin menanyakan soal konversi SIM Indonesia di Singapore. Saya sampai sini pertama kali sejak thn 2008, tapi tidak punya rencana sama sekali waktu itu untuk beli mobil makanya tidak konversi2 sampai saat ini. Sekarang saya mau konversi eh terdapat permasalahan sana sini. Pertama saya datang, ditolak mentah2 oleh pihak kounter karena tidak ada surat yang menunjukkan tanggal pengeluaran SIM pertama saya. Eh terus saya balik kampung nich ceritanya untuk ngurus, berhubung SIM saya dikeluarkan di kota kecil sebut saja Bojonegoro disana polisi tidak tahu apa yang dimaksud surat keterangan ini itu. Singkat kata, saya cuma diberi print out yang memberikan informasi singkat nama, nomer SIM dan tanggal pengeluaran (baru dan perpanjangan) – begitu saya. Saya jg sempat buat draft untuk traffic police sgpore terus dicap ama samsat setempat. Dengan PD-nya saya datang lagi untuk kedua kalinya, eh ternyata ditolak lagi karena gak ada lettter head (kop surat). Sempat berargumentasi dengan perempuan di konter tapi saya mengalah alias percuma saja karena mereka mengatakan ini sudah standard procedure dan untuk keperluan audit pihak mereka.

    Jadi saya mau tanya nich….apakah saudara cakriwut mempunyai contoh “surat keterangan” maut yang bisa saya gunakan untuk menunjukkan kepada POLDA atau samsat setempat bahwa saya memerlukan surat tersebut. Bisa dalam bahasa indonesia ataupun kalau inggris malah lebih baik lagi supaya mereka percaya heheheeeee…..bisa dikirim ke email pribadi saya at agusbudiono35atyahoodotcom.

    Terima kasih. Saya tunggu balasannya segera mas cakriwut. Matur nuwunnnn….

  6. cakriwut - June 20, 2014

    Salam,

    Sayang sekali surat keterangan tersebut sudah tidak saya simpan setelah mendapatkan SIM Singapore. Yang Anda butuhkan adalah surat keterangan kepemilikan SIM, yang dikeluarkan oleh bagian dokumentasi kepolisian dan ditanda-tangani oleh pejabat yang berwenang. Surat keterangan tersebut memuat nama, nomor SIM yang pernah Anda miliki beserta tanggal dikeluarkan dan tanggal kedaluarsa.
    Kalau di SATPAS SIM – POLDA METRO JAYA, suratnya dibuat dalam bahasa Inggris sehingga sudah tidak perlu diterjemahkan lagi.

    Semoga membantu.

    Riwut

  7. Agus Budiono - June 30, 2014

    Salam Cak Riwut,

    Makasih banyak atas jawabannya. Sangat membantu sekali dalam hal ini, tetapi ada beberapa pertanyaan lanjutan yang ingin saya tanyakan masih terkait surat keterangan tersebut yang secara terus terang agak memusingkan saya:

    1. SIM saya dikeluarkan oleh kantor kepolisian di satu kota di JATIM. Apakah saya bisa meminta surat tersebut secara langsung di SATPAS SIM – POLDA Metro Jaya yang beralamat di Daan Mogot Jakarta meskipun pengeluaran SIM di Jawa Timur? Saya rasa tidak semua kantor Polisi di Indonesia memiliki format yang dimaksud, meskipun ada tetapi tidak sama persis. Dan permasalahan utama sekarang yaitu Traffic Police di Singapura melakukan generalisasi bahwa semua orang yang mau apply konversi SIM di Singapura harus mempunyai surat keterangan yang sama! Katanya nanti buat audit dan lain sebagainya jadi semua harus sama begitu. Mohon diberi petunjuk.

    2. Kalaupun saya bisa mendapatkan langsung surat keterangan tersebut di SATPAS SIM di Daan Mogot, apakah saya bisa melakukannya lewat perwakilan teman atau saudara saya di Jakarta. Karena sangatlah tidak memungkinkan untuk sekedar ke Jakarta demi mengurus surat keterangan satu lembar A4 untuk konversi SIM ini.

    Terima kasih sebelumnya atas jawaban yang diberikan. Saya tunggu balasan secepatnya jika memungkinkan.

  8. yuni - August 14, 2017

    Hallo, mau tanya, klo saya punya sim Indonesia dari tahun 2012, dan baru menjadi PR tahun 2013, tp sudah kerja di singapura dari tahun 2011, apa saya boleh konversi sim Indo ke sim Singapura?

Leave a Reply