Tips mencairkan JHT Jamsostek

Indonesian

Rekan-rekan yang pernah bekerja di Indonesia pasti sudah kenal dengan Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), dengan salah satu pertanggungan yang disebut dengan Jaminan Hari Tua. JHT ini berfungsi seperti tabungan investasi, yang bunganya cenderung lebih besar ketimbang bunga deposito di bank. JHT bisa dicairkan jika masa keanggotaan sudah lebih dari 5 tahun dan kita tidak bekerja lagi (atau menjadi PNS/ABRI, pindah kewarganegaraan dsb).

Mudahkah proses pencairannya?

Menurut papan pengumuman di Jamsostek, prosesnya cukup mudah – meskipun demikian Anda harus bersabar mengantri dan tidak tanggung-tanggung, Anda mungkin butuh meluangkan waktu 1 – 2 hari untuk mencairkan Jamsostek. Untuk mempersingkat waktu pengurusan, berikut ini tips yang bisa Anda gunakan. Tips ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi pada saat mengurus pencairan Jamsostek di Jakarta pada awal Juni 2011.

1. Pilihlah kantor cabang Jamsostek yang sepi pengunjung.
    Kantor cabang Jamsostek yang cukup sepi pengunjung di Jakarta adalah yang berlokasi di Gedung Menara Mulia. Di gedung ini terdapat 3 cabang Jamsostek, Gatot Subroto I – III. Ketika Anda memasuki ruangan bertuliskan Jamsostek di gedung ini, Anda sedang berhadapan dengan Jamsostek Gatot Subroto I. Agak lebih kedalam, Anda bisa menemukan Jamsostek Gatot Subroto III – dan di lantai 2, Anda bisa menemukan Jamsostek Gatot Subroto II. Jadi pilih salah satu yang cukup sepi pengunjung.

2. Bawalah dokumen persyaratan secara lengkap.
    Dokumen yang dibutuhkan adalah a) Kartu Jamsostek   b) KTP    c) KK    d) Surat Referensi Keluar dari Perusahaan peserta Jamsostek; buatlah salinan (copy) dokumen-dokumen itu. Anda juga wajib mengisi formulir pencairan JHT yang dapat diperoleh di satpam.

3. Jika perlu, bawalah dokumen pengganti.
    Pada saat saya mengurus Jamsostek – KTP dan KK sudah tidak berlaku lagi, karena saya sudah lama tidak bermukim di Indonesia. Kedua dokumen diatas sedang dalam proses pembaharuan. KK kemudian saya ganti dengan Passport, dan KTP saya ganti dengan SIM / IC.

4. Tidak ada dokumen pengganti untuk Surat Referensi Perusahaan
    Sayangnya surat referensi perusahaan hukumnya WAJIB. Surat ini harus berasal dari perusahaan yang mendaftarkan kita ke Jamsostek, jika tidak – maka Anda harus mendapatkan kembali dari perusahaan tempat Anda pernah bekerja. Jadi kebayang kan, jika dahulu perusahaan itu berada di Surabaya dan kemudian kita pindah ke Jakarta – kehilangan surat referensi ini berarti menambah panjang proses pengurusan.
Untuk rekan-rekan yang baru saja mengundurkan diri, jangan lupa untuk menyimpan baik-baik kartu Jamsostek + surat referensi perusahaan.

Jadi mudahkah proses pencairannya?

Menurut saya pribadi prosesnya serasa berbelit. Surat referensi keluar dari perusahaan, mestinya tidak diperlukan lagi jika iuran Jamsostek sudah tidak dibayarkan selama lebih dari 7 tahun (kasus saya). Bayangkan betapa repotnya untuk mengurus surat itu dari perusahaan yang ada di luar kota. Bayangkan pula jika kita adalah mantan pegawai perusahaan abal-abal, yang memberikan Jamsostek – tetapi tidak memiliki catatan administrasi yang teratur.

Mestinya Kartu Jamsostek, 2 identitas diri dan catatan iuran terakhir sudah cukup untuk pencairan. Atau lebih baik lagi jika dana Jamsostek langsung masuk ke rekening tenaga-kerja secara otomatis setelah 5 tahun tidak membayar iuran. Dalam bayangan saya, ada banyak tenaga-kerja yang lupa tentang simpanannya di Jamsostek. Hal ini terutama karena syarat pencairan adalah setelah kepesertaan lebih dari 5 tahun dan sudah tidak bekerja lagi.

81 Replies to “Tips mencairkan JHT Jamsostek”

  1. bagaimana cara saya mencairkan jamsostek saya bila kartu jamsostek saya yang hilang dan sudah saya minta ke perusaan saya tetapi data saya sudah tidak ada dengan alasan karena saya sudah lama tidak bekerja disana

  2. kepada jamsostek,saya mau tanya soal jht.saya sudah masuk anggota jamsostek dari thn 2005 dan mempunyai 2krt jmsostk d prusahaan yg sama,dan skrg saya sdh pndh dari unit krj sblmny tp msh d prusahaan yg sama.apa saya hrs dftr lg utk buat krtu baru atau melanjutkan kartu yg lama.mksh

    1. Salam,

      Mestinya Anda bisa melanjutkan nomor Jamsostek yang lama. Caranya dengan melaporkan nomor Jamsostek lama kepada HR.
      Tetapi menurut saya, sebaiknya Anda membuat kartu Jamsostek baru – karena dengan meneruskan nomor Jamsostek lama, maka uang Anda yang diperoleh dari perusahaan sebelumnya tidak dapat diambil.

  3. kepada jamsostek,,,,, sya mau tnya nich seandain nya,di kartu JHT saya hanya salah satu huruf misalnya indah febriyanti di kartu nya,,,,tetapi sebetu nya yang bnar indah pebriyanti,gmn cara nya mencair kan nya… tolong bantu saya ya,,,,, sesudah nya saya ucapkan trimakasih

    1. Salam,

      Anda bisa menghubungi kantor Jamsostek terdekat dengan membawa bukti diri yang mendukung. Misalnya kartu Jamsostek, KK, KTP dan surat keterangan perusahaan.

    2. ikut jawab y..
      dari pengalaman saya kemarin, kantor jamsostek sudah menyediakan satu form pernyataan bahwa kartu jamsostek yang kita bawa itu adalah benar milik kita dan terdapat kesalahan data didalamnya. Anda tinggal mengisi form tsb, dan tanda tangan di atas materai 6000. Tentu saja data2 pendukung lain seperti yg sudah disebut diatas harus dibawa juga.
      untuk materai biasanya kantor jamsostek juga sudah menyediakan, tapi anda harus bayar ^^
      tapi kalau ragu, ada baiknya berjaga-jaga dengan membuat form pernyataan serupa dari rumah. Yang isinya mencakup data diri, no kartu jamsostek, dan jenis kesalahan yang ada. semoga membantu 🙂

  4. kepada jamsostek,saya mao tanya boleh apa tidak mencairkan dana jamsostek di wakili oleh istri saya karena waktu saya tidak ada untuk mengurus ke kantor jamsostek terdekat..sesudahnya saya ucapkan terima kasih..

  5. mohon bantuanya… saya mau mencairkan jamsostek tp kartu dan surat referensi kerja hilang kebanjiran sedangkan perusahaan saya yang dulu ada di luar kota. apa bisa kartu dan surat referensi diganti dengan surat kehilangan dari kepolisian?? trims

  6. Masa keanggotaan jamsostek saya blm sampe 5 thn tepatY ri bln juli 2009 mpe september 2011 skrg dah gak krj disitu lgi pa jamsostekY bisa diambil?

  7. Kepada Jamsostek,

    Saya adalah peserta Jamsostek dari tahun 2010. sekarang sudah enam bulan saya tidak bekerja lagi, apakah saya dapat mencairkan dana JHT tanpa harus menunggu 5 tahun ???

  8. Pak, KTP dan KK saya baru dan beda lokasi dengan KTP yang lama saat pendaftaran awal Jamsostek. Apakah bisa dengan KTP dan KK yang baru…???

  9. Saya sudah berhenti kerja dari thn 2004 tapi jamsosteknya blm saya urus,saya hanya py referensi kerja dari perusahaan.apakah masih bisa dicairkankah jamsostek saya,,trimakasih

  10. prnh dger info dr tmn, kata nya sebelum 5 thn masa kerja
    jamsostek sdh bisa di cairin ..,bener gk sich info nya ??

  11. saya mau mengurus pencairan jamsostek dari tahun 1999 s/d 2012, tetapi surat referensi dari perusahaan lama, hilang pada waktu pindahan rumah tahun 2009…apakah saya masih tetap bisa mencairkan?…trima kasih…

  12. pak…surat referensi saya yg asli nya kan hilang…..tapi foto copyan nya masih ada…bisa ga kalo cuma pake foto copyan nya saja…trus emang nya bener bisa saldo JHT bisa di ambil meskipun belum 5 tahun….soalnya temen saya ada yg bisa ambil…pdahal dia blum 5 thun

    1. Halo,

      Yang penting tidak ada kontribusi ke JHT karena sebab apapun, setelah 1 tahun bisa langsung diambil. Salah satu caranya, misal kalau pindah perusahaan bilang saja belum punya Jamsostek sehingga akan mendapatkan account baru.

      -Riwut-

  13. Selamat malam,

    Saya mau bertanya saya sudah resign kurang lebih 2th di perusahaan lama saya. Dan sudah menjadi anggota jamsostek dari 07-2007 apakah saat ini saya sudah bisa mencairkan JHT saya.
    Dan untuk surat referensi kerja asli dari perusahaan saya yg lama sudah tidak ada..jadi hanya ada fotocopy saja..apakah bisa di gunakan..demikian pertanyaan saya..

    Terima kasih.
    Martin

  14. Hallo mas,

    mohon bantuannya, saya resign dari kantor pada bulan mei 2012 setelah bekerja 4 tahun 6 bulan di kantor tersebut.

    saya sudah menyiapkan semua persyaratan pencairan dana JHT jamsostek, tapi setelah browsing kok minimal harus 5 tahun masa keanggotaan ya, jadi apa bisa dicairkan dana JHT saya dengan masa keanggotaan kurang dari 5 tahun ??

    terimakasih

  15. Dear pak cakriwut,

    seperti yang diatas pertanyaan saya
    09-2007 joind jamsostek dan sekarang mau diambil apa bisa? karena sudah resign 2010 th kemaren,
    dan kerja lagi 2010 sampai sekarang dipt yang lain tanpa jamsostek,
    apa bisa dicarikan. mohon infonya>
    saya pernah ke kantor jamostek katanya harus nunggu 5 th.tq

  16. kepesertaan sy di jamsostek 7 thn & baru resign 1 bln.namun sampai sekarang perusahaan sy belum memutus status jamsostek saya ( masih aktif ) shg sy tidak bisa ambil jht. apakah ada solusi lain utk mengambil jht saya.thanks

  17. apakah memang harus ada referensi perusahaan? apa tidak bisa lagi dipermudah misalkan Jamsostek menelepon pihak perusahaan bahwa karyawan bersangkutan sudah tidak aktif lagi?

  18. saya sudah 6 tahun lebih ikut jamsostek.sy br resign sebulan yg lalu(10 mei 2012).gmn crnya mencairkan jamsostek sy.kantor tmpat sy bekerja agk lemot gt..surat referensi kerja biasanya nya menunggu sampai berbulan2 br keluar,,sedangkan sy butuh dana itu..gmn caranya yach?

  19. sy ikut jamsostek sdh 6 thn lebih.sebulan yg lalu sy resign (10mei2012).kantor tempat sy bekerja agal lemot gt,biasanya surat referensi kerja keluar sampai berbulan bulan lamanya(bosan kan menunggunya).gmn crnya sy mencairkn dana sy itu yach.pdhal saya butuh bngt dana itu.thanks.

  20. sy mau tanya.klo bekerja dlm 1 PT tp 2x msk trs dpt 2packlaring,trus klr ganti PT tp kartu jamsostekny 1,paklaringny yang dipake yg trkhr pa gmn.

  21. di perusahaan saya ada karyawan yg di berhentikan/dipecat karena ada masalah dgn kantor semua hak dia sdh di berikan, yg mau saya tanyakan apakah perusahaan bisa mengambil atau memblokir saldo jht dia agar sikaryawan yg bermasalah td tdk bisa mencairkan dana jht tsb? terus sebagai gantinya pihak perusahaan yg mengambil jht karyawan td karena selama ini yg membayar iuran jht adalah perusahaan? terima kasih pak, kami tunggu jawabannya

  22. assalamualaikum, salam sejahtera

    langsung saja, bolehkah di wakilkan (oleh anak kandungnya) dlm mencairkan dana jamsostek, mengingat kondisi kesehatan org yg akan mencairkan dananya tdk memungkinkan, dan apa saja syarat yg diperlulkannya diluar yg umum’nya (Kartu Jamsostek,KTP,KK,Referensi Perusahaan), atas informasinya saya ucapkan terimakasih…

  23. Saya mau tanya, apa benar sekarang bila ke anggotaan 5 tahun, dana JHT bisa diambil sebagian, untuk keperluan keluarga, misalnya biaya pendidikan, renovasi rumah dll?

  24. sy sudah tdk krj lagi,dan pindah kerja k luar negri,mau ngambil JHT sy kuasakan istri kok susah dan ribet banget,gmn ya?padahal dokumen2 dah lengkap,tlng bantu solusi dong.

  25. kpd Bpk/Ibu ditmpt, sy ajukan prtanyaan apkah bsa sya mncairkan jht apabila kartu jht yg lma tlah digbung dngn krtu jht prusahan yg bru tmpat sy bkrja, sdangkan prusahan yg lama sy sudah 5 th dan sdah bs dicairkan sdangkan yg bru msh jauh utk bsa dicairkan bgimna cara mncairkan jht prusahan yg lma sja trims

  26. saya mo nanya,saya baru sadar sya terdaftar dengan tahun lahir yang salah,cara untuk merubahnya bagai mana,sedangkan saya sudah tidak bekerja lagi di parusahaan tempat sya terdaftar??
    terus kalo tahunnya tidak di rubah dan berbeda dengan KTP n KK,masih bisa di cairkan ga??

  27. klu masa anggota sdh 5 tahun, tp berhenti kerja dan sy bekerja lg dan memperpanjang jamsostek dikntr baru, apakah sy tetap bs mencairkan jamsostek tp sy sdh terdaftar di perus yg baru?

  28. Pa saya mulai kerja tgl 9 agst 2007 tapi saya keluar tgl 31 juli 2010 apa bulan ini JHT saya dapat di cairkan tolong di balas pa

  29. aslmkm……
    saya mau tanya seputar pencairan dana JAMSOSTEK……
    kasusnya seperti ini….. bapak saya ke annggotaanya JAMSOSTEK tetapi sudah Almrhm sekitar 2 tahun lalu….. tapi yang jadi masalah, ketika kami pindahan rumah setelah Bapak saya meninggal, saya tidak menemukan identitas satupun mengenai keanggotaanya di JAMSOSTEK… tapi beliau sudah bekerja lebih dari 25 tahun di PT TOYOTA ASTRA MOTOR….yg saya mau tanyakan:

    1. Dengan kasus seperti ini bagaimana cara pencairan/klaim JAMSOSTEK nya.

    2, apakah saya bisa nanya tentang keanggotaannya di perusahaan tempat bapak saya bekerja……..

    Terimakasih , saya mohon dengan sangat …bantuan dan kerjasamanya……

    1. Waalaikumsalam wr. wb.

      Sebaiknya Anda menanyakan langsung masalah ini dengan bagian kepegawaian (HR) PT TAM dengan membawa bukti-bukti waris.

      -Riwut-

  30. JAMSOSTEK..
    saya mau tanya, kalau kartu hilang trus sudah ada surat kehilangan dari polisi. Tapi ketika saya mau ambil JHT ke kantor bekasi barat (Perusahaan bayar ke kantor bekasi barat)pegawainya minta harus ada stempel yang mengetahui dari perusahaan lama di surat kehilangan yg dari polisi tsb. Dan saya telpon juga ke kantor rawamangun, dikatakan kalau perusahaan bayarnya k tmpt kita ambil JHT seharusnya tidak perlu lagi stempel perusahaan lama di surat polisi tapi harus di sertai dengan ijazah.
    Pertanyaan saya: Mengapa ada 2 informasi yang berbeda padahal sama2 Jamsostek. Kalau menurut Abang mana yang benar dari 2 pernyataan itu?Logikanya kita kan sudah ada surat berhenti kerja dari perusahaan lama dan di stempel serta ditandatangani perusahaan lama.
    Padahal tempat kerja lama dan yg baru jaraknya Jauh.

    Mohon untuk advicenya…

    Thank you..

  31. Salam kenal.

    Jika tenaga kerja sudah keluar dari perusahaan ( + – 3 bulan ) jika meninggal dunia apakah masih berhak atas jaminan kematian ?

    Terima kasih.

  32. kalau nomernya dilanjut ke perusahaan baru berarti ga bisa ya diambil saldonya…
    cek online JHT kenapa sekarang kok cuma bisa lihat saldo perusahaan yang baru saja, data saldo perusahaan yang lama kok tidak muncul?ga hilang kan saldonya??

  33. Saya mau tanya apakah bisa saya mencairkan dana JHT saya dengan masa kerja 4 tahun 9 bulan. Apakah bisa dicairkan gtu kalo memasuki tahun ke-5. Takutnya kelupaan kalo harus nunggu sampe 5 tahun.

    Trim’s

  34. Met siang,saya mo tanya saya skrng sudah resaint dari perusahaan hampir 2th ini,kartu jamsostek saya bertulis bulan april,th 2010.apakah sudah bisa diambil atw harus nunggu 3th dulu baru bisa diambil…mks..

  35. Pak… saya jadi peserta jamsostek sejak 2005 s/d skrg 2012.,dan saya baru berhenti kerja 1 bulan yang lalu. Kira2 kapan uang JHT saya bisa di ambil?

  36. Saya bekerja sudah memasuki tahun ke 8 dan masih status karyawan pada perusahaan asing, apakah saya sudah bisa mencairkan jamsostek dan apa persyaratannya,

  37. saya tidak tahu data yang dipakai oleh perusahaan lama untuk mendaftar ke jamsostek, paling yang salah cuma masalah alamat aja…repot…..
    trus gimana caranya, harusnya jamsostek toleran sedikit, dengan membolehkan akses untuk melihat saldo hanya menggunakan nama, nomor kartu yang tertera bisa ditambahkan bulan dan tahun terbitnya saja,
    soalnya mana mungkin kita tau apa yang dijadikan dasar perusahaan untuk mendaftarkan kami, kurang tanda koma aja pasti masalah.
    misal kartu ini hilang, ditemukan orang, mana mungkin dia bisa mencairkan lawong dia tidak mungkin punya ktp, kk sama persis dengan punya kami, apalagi itu ada nama ibu….piye jal

  38. Salam kenal.
    Saya kerja tahun 2007-2009 di perusahaan A lalu 2009 sampai sekarang di perusahaan B,kartu jamsostek saya 1 tapi dari perusahaan A saya sudah dapat surat pengalaman kerja,apakah saya bisa mencairkan uang saya di perusahaan A?

  39. salam kenal
    saya baru masuk jamsostek selama 6bln, lalu keluar dari perusahaan. apakah saya bisa mencairkan yang sudah berhenti kerja selama 7 thun….

  40. trus klo kartu jamsosteknya hilang apa penggantinya ? apa kita hrus buat kartu baru lg sementara kita sudah tidak kerja lagi diperusahaan itu

  41. To Cakriwut yg baik hati, jika kasusnya saya melanjutkan jamsostek dr perusahaan A ke perusahaan B, namun saya hanya memiliki reference letter dr perusahaan B.. apakah bisa cair dgn hanya memakai reference letter dr perusahaan B? terimakasih.. ^^

  42. Ya iyalah pak, kalau mau secara otomatis dana jamsostek setelah 5 tahun masuk ke rekening bank karyawan… pada berhenti semua karyawan jamsostek pak… keuntungan mereka kan dari dana yg mengendap itu pak…yang kabarnya sampai puluhan triliyun rupiah… dan dana tersebut yah entah kemana larinya saya juga gak tau sih hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *