Singapore PR for newbies

English

If you’re new to Singapore and plan to get PR, just make sure that you do following what-to-do tips:

At home country

1. Translate all documents into English. Use sworn translator services
2. Copy all documents (original and translation), prepare for minimum 2 sets.

In Singapore, before your eligibility completes

1. When you just got the pass (S/EP) then goto http://www.ica.gov.sg and find e-Appointment application. Register your FIN number for e-Appointment in the future (could be 6 months latter or 12 months latter).
2. Keep all payslips every months.
3. Near date of e-Appointment, download Form 4/Form 4A, from http://www.ica.gov.sg and complete the form. Make photocopy of completed form. And don’t forget to print out the e-Appointment barcode.

In Singapore, after you are eligible

With e-Appointment

1. At e-Appointment time, bring all documents to ICA near Lavender MRT.  (original , translation and their photocopy; all application forms, e-Appointment print-out).

Walkin-In (without e-Appointment)

1. Select any working days (Monday-Friday) and reach ICA building at 9-11 am.  Show completed form and take queue number.
2. Close your eyes and ear, just get back to your office; because as walking-in applicant your number is not prioritized.
3. Set your alert, and make sure you reach ICA building again at 3pm. Bring all documents (original, translation and their photocopy; all application forms, and queue ticket).

Note : Some fellows in Indo-Sing says that we should come early in the morning to get queue ticket. This only true, if you decide to go to ICA on Saturday. In Saturday, there only 120 quota of queue-ticket available – but not in other days.

Bahasa

Jika Anda termasuk pendatang baru di Singapore dan berencana untuk tinggal dalam jangka waktu yang lama (apply PR), berikut ini tips untuk Anda sebelum dan sesudah di Singapore:

Di negara asal

1. Terjemahkan semua dokumen kedalam bahasa Inggris. Gunakan jasa penterjemah tersumpah.
2. Buat salinan semua dokumen (asli dan terjemahan),  siapkan minimal 2 set.

Di Singapore, sebelum Anda berhak mendapatkan PR

1. Setelah Anda memperoleh S/EP, buka http://www.ica.gov.sg dan temuka aplikasi e-Appointment. Daftarkan nomor FIN Anda untuk aplikasi PR 6-12 bulan mendatang.
2. Simpan semua payslip yang diterima setiap bulan.
3. Menjelang hari-H e-Appointment, download Form 4/Form 4A, dari http://www.ica.gov.sg. Lengkapi dan tanda-tangani form tersebut, kemudian buat fotokopi 1 set. Jangan lupa cek lagi print-out e-Appointment yang dilengkapi dengan barcode.

Di Singapore, setelah Anda berhak mendapatkan PR

Memiliki e-Appointment

1. Pada saat yang telah ditentukan, bawa semua dokumen ke gedung ICA yang terletak di dekat Lavender MRT. (asli, terjemahan beserta fotokopi, semua formulir aplikasi yang telah ditanda-tangai dan cetakan e-Appointment).

Datang langsung (tanpa e-Appointment)

1. Tentukan hari kerja yang memungkinkan (Senin-Jumat) dan datanglah ke gedung ICA antara pukul 9-11 pagi. Kemudian tunjukkan formulir yang telah dilengkapi dan ambil nomor antrian.
2. Abaikan semua nomor antrian yang sedang dilayani yang muncul dilayar; karena sebagai pemohon yang datang langsung – nomor antrian yang Anda pegang mendapat prioritas paling rendah. Jadi jangan tunggu waktu, langsung kembali ke kantor.
3. Atur waktu alarm Anda, dan pastikan sampai di gedung ICA kembali pada pukul 3 sore (hari yang sama). Bawalah semua dokumen (asli, terjemahan beserta fotokopi, semua formulir aplikasi yang telah ditanda-tangai dan tiket antrian).

Catatan: Beberapa rekan di Indo-Sing menuliskan pengalaman bahwa kita harus datang pag-pagi sekali. Saran ini tepat hanya jika Anda memutuskan untuk berangkat ke gedung ICA pada hari Sabtu tanpa e-Appointment. Pada hari Sabut, ICA hanya melayani 120 nomor antrian tanpa e-Appointment. Quota ini tidak berlaku di hari biasa.

January 14, 2009 · admin · 116 Comments
Tags: ,  · Posted in: Singapore, Society

116 Responses

  1. Selvy - January 19, 2009

    klo mo apply pr, KK itu mutlak diperlukan gak sih? soalnya di websitenya ica, dibilang KK itu where applicable. di syaratnya jg ada diminta identity card if applicable. identity card yg dimaksud ktp or id singapore ya? (FIN)

  2. cakriwut - January 19, 2009

    Berdasarkan pengalaman kemarin, KK tidak mutlak diperlukan. Dokumen yang diperlukan,
    1. Akte Lahir (asli + copy 1 set )
    2. Ijasah (asli + copy 2 set) ** semua ijasah copy 2 set **
    3. Akte Nikah (asli + copy 1 set, jangan lupa bagian ada foto harus ada)
    4. *** Dokumen sertifikat/penghargaan , jika ada ***
    5. Passport (asli + copy ) ** bagian muka/photo, bagian belakang/address, bagian endorsment/cap EP-DP-SP **
    6. EP/DP/SP (asli + copy ) ** copy bagian muka / belakang dalam 1 kertas A4 **
    7. Khusus untuk yang tidak mengisi Annex A , harus membuat surat pernyataan yang berisi alasan + mengisi Annex A di bagian Nama/FIN/Alamat Perusahaan/Salary/Lama Bekerja , (bagian yang kita tahu dan berhubungan dengan diri pribadi) – sedangkan bagian lain yang hanya diketahui oleh perusahaan dibiarkan kosong.

    Semua dokumen yang tidak dalam bahasa Inggris harus disertai dengan terjemahan (dari sword translator) dengan jumlah set copy sama seperti dokumen aslinya.

    Ide

  3. citra - March 3, 2011

    Pak,
    kami ada rencana mau buat PR singapore. Menurut bapa, pada kondisi dimana PR makin sulit didapat, sedangkan umur suami 34 thn, dengan istri (saya) dan 2 anak, lebih baik apply sendiri atau lewat agent, karena dari segi biaya, jauh sekali perbedaannya. Kalau lewat agent, apakah lebih guarantee untuk diterima?

    Tx

  4. cakriwut - March 4, 2011

    Hallo,

    Menurut saya pertanyaan pertama yang perlu diajukan adalah perlukah menjadi PR? PR cocok jika Anda berencana tinggal di Singapore > 7 tahun. Kurang dari itu, terlalu banyak overhead cost nya.
    Cobalah untuk mendapat pekerjaan terlebih dahulu, misalnya dengan mengirimkan CV ke agent-agent pencari kerja, mencari lowongan ke teman, milist etc. Setelah mendapat pekerjaan, Anda bisa tinggal di Singapore dengan status pekerja (WP, EP etc). Rasakan dulu hidup dan tinggal di Singapore sebelum memutuskan untuk menjadi PR.
    Apply via agent atau apply sendiri, memiliki kemungkinan yang sama. Kalau Anda tidak qualified, melalui jalur apapun akan sulit menjadi PR.

    Thanks,

    Riwut

  5. Agoes - February 17, 2009

    Kalo mau apply PR buat istri, sertifikat ROM udah ada tapi istri msh di indo lalu passport aseli istri dikirim ke sg via DHL/fed-ex ato nitip temen yg pas dtg ke SG ke saya. pertanyaannya, boleh ga apply PR buat isteri sementara isteri msh di indo dengan membawa paspor aseli istri + doc2 pelengkap lainnya sesuai prosedur di ICA ?

  6. cakriwut - July 31, 2009

    Pertama, pada saat apply PR, bagian terpenting dari passport adalah halaman awal yang mencantumkan informasi pribadi (foto-tanggal berlaku dsb), serta halaman akhir yang memuat informasi kedatangan/keberangatan di/dari Singapore.

    Kedua, stri adalah bagian dari dependent. Yang terpenting adalah pemohon utama, telah memenuhi syarat kependudukan (residential) di Singapore.

    Jadi, berdasar hal tersebut pendapat saya,
    1. Kalau istri pernah menginjakkan kaki di Singapore (alias di passportnya ada cap imigrasi Singapore), maka kemungkinan besar aplikasi dependen tersebut akan diloloskan.
    2. Sebaliknya, passport istri masih baru; saya khawatir pada saat penyampaian aplikasi sudah ditolak oleh ICA.

    Tetapi, tidak ada salahnya dicoba. Jangan lupa, ada nasib baik yang kita tidak pernah tau. Good luck.

  7. Aldo - August 9, 2009

    kalo mau ngajuin pr dan kerja di singapura, kan aku fresh graduate, benre ga sih uni aku mesti terakreditasi A, brati susah juga dnk,kak..
    mohon bantuannya yah, goal aku mesti tinggal di singapura neh…apa aja yang mesti disiapin..
    thx kak..

  8. cakriwut - August 14, 2009

    Proses PR sih tidak pandang bulu ya, tapi memang benar kalau univ yang masuk di daftar MOM akan lebih mudah. Lebih mudah bukan berarti pasti diterima atau pasti ditolak (untuk univ non terakreditasi). Jadi kalau memang punya keinginan, jalankan saja – dan jangan mundur sebelum mencoba.

  9. anto - January 29, 2010

    Kalo misalkan istri dapat PR di Singapore, saya sebagai suami bisa dpt PR dengan mudah juga gak?
    Terus ada rekomendasi sworn document translator gk Mas?
    thanks ya

  10. cakriwut - February 17, 2010

    Mengajukan PR dengan sponsor tentu menambah point dan peluang lebih besar, tapi tidak ada yang menjamin apakah lebih mudah atau tidak.
    Beberapa pertimbangan yang akan diperhatikan oleh ICA antara lain:
    1. Berapa kontribusi ke CPF / bulan dari istri.
    2. Berapa lama istri sudah memiliki status sebagai PR.
    3. Berapa lama Anda tinggal di Singapore.
    4. Latar belakang pendidikan dan pekerjaan Anda.

    Mohon diingat bahwa Anda akan dikategorikan sebagai PR generasi ke-2, karena mendapat sponsor dari istri. Jika umur Anda kurang dari 30 tahun, maka kewajiban NS akan berlaku. Masalah apakah kewajiban itu akan dikenakan atau tidak , itu adalah masalah lain. Tetapi Anda tidak akan mendapat pengecualian.

    -Good luck-

  11. rave - March 3, 2010

    Mohon info
    Untuk kerja di Sing, apa perlu pengajuan PR dulu atau sebaliknya:
    kerja dulu baru bisa mengajukan PR?
    EP/DP/SP itu apa ya?

    thanks atas bantuannya, maklum..saya awam 🙂

  12. cakriwut - March 6, 2010

    PR itu adalah permanent resident, dan status ini diberikan kepada individu yang memang benar-benar ingin menetap di Singapore. PR harus berkontribusi (CPF) jadi untuk dapat memperoleh status PR , diwajibkan memiliki pekerjaan yang layak dan telah tinggal cukup lama di Singapore.
    Untuk dapat bekerja di Singapore diperlukan ijin kerja yang dengan klasifikasi bermacam-macam, Work Permit < S-Pass < EP (Q-Pass) < EP (P2) < EP (P1). Klasifikasi itu dilakukan berdasarkan tipe pekerjaan dan gaji yang diperoleh.

  13. pratiwi - April 14, 2010

    saya dan suami berencana mencari kerja di singapore, selain mencoba sebagai single fighter (apply2 melalui internet), saya mendengar kita bisa mengajukan SPR dulu sampai diterima baru apply2 kejaan. bagaimana yah caranya mengajukan SPR dari jakarta?bisa di infokan siapa yang harus didatangi atau disiapkan?saya belum pernah ke singapore tapi suami sudah perna (1kali).saat ini kami sma2 pegawai swasta.

    thanks utnuk infonya

  14. cakriwut - April 14, 2010

    Mengajukan PR dari luar Singapore namanya LPR (Landed PR). LPR diajukan melalui agency yang ditunjuk misalnya SMC (http://www.smcmc.com), dan biayanya dibayarkan pada saat pengajuan. Besarnya sekitar SGD 1500 – 2000 (sorry mungkin saya salah).
    Saran saya, ajukan PR ketika sudah sampai di Singapore untuk menghemat biaya. Ingat bahwa status PR bukan kewajiban, agar dapat memperoleh pekerjaan di Singapore.

  15. david - January 4, 2011

    DH,

    Jika berkenan, saya ingin bertanya soal imigrasi/PR/LPR ke Singapore.
    Saya sudah berkeluarga dengan 3 anak, pada nov 2011 nanti umur saya 44 tahun.
    Saat ini saya bekerja di perusahaan swasta di Jakarta dengan kedudukan yang lumayan.
    Sudah beberapa kali ke Singapore sebelumnya.

    Saya ingin mencari informasi tentang kemungkinan mendapatkan status LPR/PR Singapore bagi keluarga saya, tapi di lain pihak saya sendiri masih ingin tetap bekerja di Jakarta.

    Saya tidak keberatan bila istri dan anak-anak saya relokasi ke Singapore , sementara saya sendiri tetap bekerja di Jakarta. Toh juga, jarak Jakarta-Sin tidak jauh.

    Saya merasa untuk bekerja di Singapore perlu pengkondisian khusus, sedangkan umur saya sudah agak terlambat bila harus bersaing dengan orang Singapore asli.Di lain sisi , saya merasa sayang bila harus meninggalkan posisi pekerjaan saya saat ini untuk kemudian harus memulai karier lagi di Singapore.

    Apakah ada kemungkinan bagi saya untuk mendapatkan PR / LPR Singapore bila keadaan-nya demikian?

    Bila ada, mohon bapak dapat memberi info kepada saya prosedurnya / caranya.

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    David

  16. cakriwut - January 4, 2011

    Hello,

    PR bukan syarat pertama untuk berkarir di Singapore; tanpa PR pun Anda bisa berkarir di negeri singa ini. Keputusan mengambil PR atau tidak, sebaiknya didasari oleh rencana jangka menengah – panjang (sekitar 10 tahunan); untuk mencari rejeki disini. Jika masih mencoba-coba, sebaiknya cukup dengan EP (Employment Pass); karena jangan lupa PR memiliki kewajiban membayar CPF yang jumlahnya lumayan besar sekitar 30% (max dari gaji 4500 SGD).

    Salah satu syarat untuk mendapatkan PR adalah syarat residensial. Syarat residensial mensyaratkan minimum telah tinggal berturut-turut selama 6 bulan di Singapore, sebelum bisa mengajukan PR. Syarat lain adalah syarat pekerjaan; jika tidak, gahmen Singapore tidak bisa memungut CPF.

    Untuk anak/istri, saya bisa membayangkan ada beberapa kemungkinan,
    1. Mengajukan LPR. LPR ini diajukan dari luar Singapore, jadi tidak ada syarat residensial. Tetapi jangan lupa bahwa LPR tetap membutuhkan syarat lain, seperti kualifikasi (ijasah, dll). Setelah LPR disetujui, anak/istri Anda bisa segera pindah ke Singapore untuk mencari pekerjaan- tanpa pekerjaan LPR akan hangus.
    2. Bersekolah di Singapore (dengan Student Pass) kemudian mengajukan PR. Biasanya, gahmen akan menawarkan PR untuk lulusan dari universitas negeri yang ada di Singapore. Jadi dengan bersekolah di Singapore, ada kemungkinan bisa lebih mudah mengajukan PR.
    3. Anak bersekolah (Student Pass), istri mendampingi anak-anak (Dependent Pass), kemudian istri bekerja (mendapat Employment Pass) ; setelah itu mengajukan PR sambil mensponsori anak-anak.

    Saran saya, ajukan PR jika memang memiliki rencana jangka panjang untuk menjadi residen di Singapore. Jika tidak, cukup dengan menggunakan ijin tinggal lain misalnya Student Pass, Dependent Pass, Employment Pass, Long Term Sosial Visit Pass.

    -Riwut-

  17. david - January 24, 2011

    DH,

    Maaf pak , ada pertanyaan lanjutan yang ingin saya mendapat kejelasan , yaitu :

    1/. Dalam hal saya apply LPR dari Jakarta, pada saat applikasi LPR saya di setujui ( ini yang
    saya harapkan ), apakah saya harus relokasi / langsung membeli rumah / apartement di
    sana ?

    2/. Yang saya mengerti, dari jawaban bapak di atas, Saya harus mendapat pekerjaan di sana
    dalam waktu 1-2 tahun. Apakah istri juga harus bekerja di sana ?

    3/. Kondisi yang saya harapkan adalah , setelah aplikasi disetujui oleh Gahmen Spore , saya
    tentu akan cari kerja di sana (supaya dapat berkontribusi CPF), tapi mungkin tidak akan
    buru-buru relokasi keluarga ke sana (maaf pak, ini ada sedikit perubahan rencana dari sebelumnya) . Karena saya masih mau bekerja di sini sambil menunggu
    anak saya yang paling besar sudah masuk Universitas nya / sekarang masih kelas 8 / SMP /
    masih terlalu kecil.

    Mohon dapat dijelaskan pak Riwut.

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    David

  18. cakriwut - January 24, 2011

    Hallo,

    LPR saya tidak tahu banyak, tapi kira-kira begini.

    1. Setelah LPR disetujui, Anda bakal diberi waktu kira-kira 1 tahun untuk konvert menjadi PR. Salah satu syarat konvert LPR menjadi PR adalah dengan memiliki pekerjaan di Singapore.
    Jadi jawabannya tidak harus langsung relokasi/membeli rumah/appt.

    2. Pemegang LPR nya yang harus bekerja – tetapi istri mestinya bisa menjadi dependent PR. Jadi jawabannya dependent tidak harus bekerja.

    Relokasi seluruh keluarga atau tidak, tentu harus didasarkan pada situasi/kondisi yang ada. Dan santai saja, kalau sudah dapat persetujuan LPR – baca baik-baik petunjuknya.

  19. Esther - March 4, 2011

    Pak,

    mau tanya anak saya yang no 1 sudah diterima dan bersekolah di public secondari scholl smp 1 yg express, sekarang kami sering rindu dia karena kami masih di jakarta, anak kami saya titipkan ke adik ipar yg sudah pr bersama kedua mertua saya yang statusnya ijin tingga 5 thn, tapi belum pr, pekerjaan suami saya video shooting wedding. event atau iklan videoclip sedangkan saya Wedding organiser dan make up artis.

    pak mau tanya saya dan suami kalau mau pindah ke singapore, karena faktor umur, saya 40 thn dan suami 42 thn kalau kerja tdk mungkin. jadi mau geriliya tawarkan video ke bridal2 di singapore dan perusahaan di singapore bisa ngakk?????

    karena belum ada dana beli apartemen, jadi kita mau tinggal di batam… pulang pergi saja atau ada nasehat dari bapak untuk kita dpt pr? krn keluarga suami sdh di sana dan anak pertama sekolah secondari disana.

    bagaimana caranya dapat pr cepat untuk kondisi kami sedangkan kami masih mempunyai 2 anak lagi 1 Tk dan 1 kelas 3 sd international school semuanya.

    kedua kalau belum pr bagaimana caranya bisa beli SDB (rumah pemerintah). terima kasih atas bantuannya sebelumnya

  20. cakriwut - March 4, 2011

    Hallo,

    Pada prinsipnya social visit pass tidak boleh melakukan pekerjaan selain berkunjung – (termasuk tidak boleh sekolah, dan bahkan bekerja/menerima pekerjaan secara legal). Melanggar prinsip diatas sangat beresiko, jadi sebaiknya rencana bergerilnya tidak dilakukan.

    Melihat situasi Anda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.
    1. Anak menjadi PR dan mensponsori Anda menjadi PR
    Dalam hal ini anak Anda menjadi PR terlebih dahulu, dan kemudian mensponsori Anda menjadi PR. Pemerintah Singapore, biasanya akan menawarkan PR kepada murid-murid berprestasi. Jika anak Anda termasuk dalam kategori ini, maka tunggu hingga mendekati akhir secondary – mudah-mudahan bisa mendapat undangan untuk menjadi PR. Dan selanjutnya, dia bisa mensponsori orang tuanya.
    2. Anda mencari pekerjaan di Singapore untuk mendapatkan status pekerja (WP, EP etc)
    3. Anda membuka usaha di Singapore dan menjadi PR dari jalur bisnis

    Dari ke-3 skema menjadi PR dan tinggal di Singapore, menurut saya yang paling cepat dan murah adalah no. 2, kemudian paling mahal adalah no. 3, dan paling lama adalah no. 1.

    Jika no. 2 atau no. 3 , bukan pilihan. Maka saya lebih cenderung untuk menyarankan tinggal di Batam, karena ongkos pp ke Singapore akan lebih murah ketimbang ke Jakarta.

    Tentang HDB, tanpa status PR (PR yang membentuk keluarga – suami/istri) ; Anda tidak bisa membeli HDB. Anda bisa membeli private property alias condo.

    Terakhir menurut pendapat pribadi saya, selama si anak mendapat pantauan dan bimbingan yang baik, tidak ada salahnya berpisah dengan orang tua. Apalagi masih ada adik-adiknya yang mungkin punya cita-cita yang sama dengan si kakak. Jadi kalau bisnis di Jakarta masih sangat bagus, saran saya tidak perlu ditinggalkan untuk memulai sesuatu yang baru; kecuali memang benar-benar memiliki prospek yang sangat bagus. Berpisah dengan orang tua, akan membuat si anak menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab.

    Salam,

    Riwut

  21. Lieli K - March 4, 2011

    DH,
    Pak, jika berkenan saya ingin bertanya & minta sarannya : untuk anak saya lulusan NUS dgn tution grand Singapore 75% pada bulan Juni 2010, tution grand 75% dari Singapore ada syaratnya, setelah lulus harus kerja di perusahaan Singapore 3 tahun, nah yg jadi kendala adalah : apply kerjaan di Singapore agak sulit, sedangkan student passnya due on 31-01-2011, urus perpanjangan izin tinggal sampai sekarang belum ada berita, terpaksa setiap bulan pulang ke Indo, izin tingaal gak ada sulit untuk cari kerjaan, saya sebagai orang tua jadi bingun gimana caranya bantu anak saya, kelihatannya udah mulai stress, apply kerjaan rata2 tanya punya pr gak, terus izin tinggalpun tak kunjung datang, mohon sarannya ya Pak, harus apply izin apa ya untuk mendukung anak saya cari kerjaan, terima kasih sebelumnya.

  22. cakriwut - March 4, 2011

    Hallo,

    Setelah lulus kuliah, Anak Bapak berhak untuk mengajukan long term visit pass kategory Lulusan perguruan tinggi Singapore yang sedang mencari pekerjaan “http://www.ica.gov.sg/services_centre_overview.aspx?pageid=396&secid=171” . Dengan ijin tinggal ini, maka dia tidak perlu pulang-pergi ke Indonesia, karena bisa tinggal minimal 1 tahun (maks 5 tahun) tergantung approval di Singapore.

    Kemudian dia bisa mencari pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Tahun-tahun awal sebagai fresh graduate, sebaiknya digunakan sebesar mungkin untuk membuat portofolio. Jadi, sarankan untuk tidak terlalu memilih atau berharap banyak. Setelah nanti mendapat pekerjaan, teruskan untuk mencari pekerjaan sampai mendapat pekerjaan yang benar-benar disukai. Gunakan waktu 1-6 tahun pertama untuk benar-benar memperkaya portofolio, niscaya tahun-tahun selanjutnya akan lebih lancar.

    Salam,

    Riwut

  23. iera - March 23, 2011

    Hi,

    Mw tanya nie.. berdasarkan pengalaman anda, berapa lama anda dapat balasan PR? karna beberapa teman saya bilang kalo biasanya akan dapat balasan PR dalam jangka masa 2bln. Karna skarang suami saya coba apply PR di bulan january lalu dengan jaminan saya sebagai istri (info: saya singaporean).

    Thanks!
    ^^

  24. cakriwut - March 27, 2011

    Halo,

    Datangnya jawaban PR bervariasi ada yang 5 minggu, seperti kasus saya; ada pula yang 10 bulan seperti kasus anak saya. Jadi selama belum ada jawaban, berarti masih ada harapan. Jika ada jawaban yang kurang sesuai (ditolak) – pun, masih ada harapan dengan appeal atau mengajukan PR lagi dikemudian hari. Jadi, tidak usah khawatir.

    Salam,

    Riwut

  25. Wini - April 8, 2011

    Malam Pak,
    Saya ingin sharing beberapa hal tentang bekerja di Sg.
    1. Apakah mungkin saya bisa mendapatkan pekerjaan di Sg hanya dengan melamar secara ol? (Saat ini sy msh bekerja di Jkt, ingin mencari pekerjaan account/finance di Sg) karena kebanyakan company sana lebih prefer citizen/PR. Saya dengar chancenya lebih kecil dibanding dgn apabila sy memiliki status PR dan tinggal di Sg.
    2. Seandainya saya memiliki EPEC apakah gampang mendptkan kerja?
    3. Untuk mengurus EP / SPass, kelengkapan dokumen apa saja yang mungkin diminta? Lalu kemana saya harus melegalisasi dok2 tsb? legalisasi di jakarta atau di Sg?
    Terima kasih Pak atas penjelasannya. Saya sangat berharap bisa bekerja dan tinggal di Sg.

  26. cakriwut - April 9, 2011

    Hallo,

    1. Menurut pengalaman pribadi, kita tidak perlu datang secara langsung ke Singapore. Cukup dengan memasang cv di situs online seperti monster.com

    2. EPEC tidak mempengaruhi hasil akhirnya, yang penting adalah pengalaman, portofolio, dan negosiasi.

    3. EP disiapkan oleh perusahaan, persyaratannya mudah, antara lain semua ijazah, akte lahir, referensi pekerjaan saat ini (harus diterjemahkan dalam bahasa Inggris)

  27. DeeDee - May 8, 2011

    Hallo Pak,
    Suami saya mendapat beasiswa di NUS apakah dia bisa mengajukan PR dan bagi saya haruskah saya juga mengajukan PR atau hanya long term visit pass?dan bisa kah long term visit pass tersebut digunakan untuk mencari kerja?
    Terima kasih banyak atas perhatiannya..

  28. cakriwut - May 18, 2011

    Hi,

    Penerima beasiswa biasanya belum akan ditawari PR sebelum selesai masa beasiswanya. Saya kurang paham apakah pengikut visa pelajar bisa mendapatkan dependent pass.
    LTSVP tidak bisa digunakan untuk bekerja – pemegang LTSVP yang bekerja harus menukar visanya dengan EP/WP atau S-pass.

  29. monika - May 20, 2011

    Saya sudah mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan asuransi asing di singapore sebagai medical coordinator (profesi sebelumnya dokter tapi sekarang bukan dan tidak perlu praktek dokter).Perusahaan yang menguruskan EP (Q1) secara manual dan direject MOM. kira2 apa alasan MOM? jika mau appeal apa yang perlu disiapkan. thanks

  30. cakriwut - May 21, 2011

    Hi,
    Untuk appeal pada dasarnya harus berkoordinasi dengan perusahaan pemberi kerja. Anda juga dapat membuat appointment dengan MOM untuk mengetahui alasan penolakan. Kemudian, siapkan kekurangan dokument (jika ada), surat pernyataan dan serahkan ke MOM. Jawaban appeal akan muncul 2-4 minggu kemudian. Jika appeal pertama gagal, jangan segera putus asa; terus masukkan appeal.
    Saya pernah bertemu dengan rekan Indonesia yang sampai 5 kali appeal, sebelum akhirnya mendapatkan EP.

    -Riwut-

  31. Julisa - July 6, 2011

    Salam Pak!

    Saya mau konsultasi dgn bapak. Saya fresh graduates dari university di Malaysia dan sekarang sedang mencari pekerjaan di Singapura tetapi kebanyakan dari company2 disana mengharuskan kita untuk punya SPR/PR..Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Apakah saya boleh apply LPR untuk tingal & mencari kerja di SG??
    2. Dimana saya bisa apply LPR? dan brapa lama waktu yg dibutuhkan untuk mendapatkan LPR?
    3. Jika sudah mendapatkan LPR,apakah harus tinggal di Singapore untuk jangka waktu tertentu?
    Terima kasih atas reply ny,pak!

  32. feli - July 22, 2011

    pak,mau nanya klo saya umur 40 thn lebih,dan saya sudah beli condo di spore dgn credit,apakah saya bisa mengajukan PR? apa aja syaratnya?
    klo untuk mengurus long term pass itu gimana caranya dan kemana saya hrs mengurus? apa hrs lwt agent/biro jasa?

  33. cakriwut - July 28, 2011

    Hi,

    Umur 40 bisa saja beli kondo dengan menggunakan fasilitas kredit. Dilihat dari umur, jangka waktunya kredit maksimum 60-40 = 20 tahun. Mengajukan PR dan beli kondo tidak ada hubungannya, jadi setelah memiliki syarat residensial minimum bisa saja mengajukan PR.
    LTSVP (long term social visit pass) hanya bisa diajukan jika memiliki sponsor (PR / SC). Jadi untuk mendapatkan LTSVP, cari dulu sponsor bisa kakak, ayah, suami dsb.

    -Riwut-

  34. Andrew - August 19, 2011

    Hallo pak, mohon bantuannya, saya ada pertanyaan. Ketika melamar pekerjaan vis jobstreet.com, saya lihat ada tulisan PR’s only.
    Maksud dari kata itu apa ya pak?
    Mohon pencerahannya.

    Terima kasih pak.

  35. cakriwut - August 20, 2011

    Salam,

    Itu artinya pemasang iklan mengharapkan pemegang PR (Permanent Residence) saja untuk melamar. Tapi, jangan terpengaruh dengan persyaratan itu; jika Anda memiliki kualifikasi tidak ada salahnya untuk mengirimkan CV.

    -Thanks-

    Riwut

  36. Fandi - September 6, 2011

    Halo Pak,

    Saya mau tanya mengenai apply PR. Saya sudah bekerja di perusahaan singapore sejak 3 bulan lalu dan pegang EP, tapi sementara ini saya ditempatkan di project di Malaysia. Jadi bisa dibilang saya resmi under perusahaan singapore & digaji SGD tapi saya tidak stay di Singapore selama ini. Pertanyaan saya, jika setelah 6 bulan seperti ini, saya eligible tidak untuk apply PR ? (syarat residential)
    Thanks Pak

  37. luckyman - September 27, 2011

    Halo Pak,

    saya mau tanya, apakah bisa apply LPR tanpa melalui agent?

    Bagaimana caranya?

    thx

  38. cakriwut - October 26, 2011

    Hello,

    Saya kurang paham apakah bisa mendaftarkan LPR tanpa melalui agent. Tetapi karena asumsinya, Anda mendaftarkan PR dari luar Singapore – maka tentu saja dibutuhkan pihak ketiga yang akan mewakili Anda mengajukan PR di ICA. Pihak ketiga ini bisa aja agent (seperti SMSC) atau mungkin saja saudara Anda yang sudah tinggal di Singapore. SMSC memang merupakan salah satu agen LPR, tetapi saya tidak yakin bahwa SMSC merupakan satu-satunya agent atau LPR harus diajukan via agent.
    Kalau menurut hemat saya, LPR bisa dilakukan tanpa melalui agen dengan menghubungi ICA.

    Regards,

    Riwut

  39. deyan - October 12, 2011

    pak,saya sudah bekerja di singapura lebih kurang 3 tahun. pertama kali saya ke singapura menggunakan agent dari indonesia(melalui salah satu sekolah
    )sebenarnya saya juga diterima untuk berangkat ke singapura oleh tempat kuliah saya,tapi karena saya sudah terlanjur bayar,akhrnya saya ikuti sekolah lain. 6 bulan di singapura under trainee,setelah itu saya kembali ke singapura dan mendapat pekerjaan di restoran,dengan spass selama 2.6tahun saya berhenti dan mencari pekerjaan lain di restoran juga,cuma saya bekerja hanya 3 bulan saja,dengan membuat spass yang baru. sekarang saya sedang mencari pekerjaan baru,menurut bapak,dengan pengalaman yang saya miliki haruskah saya memakai jasa agen yang bayaran yang mereka minta 2000 ke atas? kalo ia,agent apa yang harus saya pakai. apa ada agent yang bapak ketahui yang bisa menolong saya tapi tidak mengambil keuntungan terlalu banyak?

  40. cakriwut - October 26, 2011

    Salam,

    Saran saya, hindari agen yang meminta bayaran kepada pencari kerja. Agen mestinya mendapat komisi dari perusahaan ketika Anda diterima bekerja di perusahaan.

    Regards,

    Riwut

  41. Deddy - October 25, 2011

    Dear Pak,

    saya sudah diterima salah satu perusahaan di sgp, dan saat ini mereka sedang siapkan EP nya (doakan mudah2an lancar ya pak…).

    Nah, sekarang ini istri saya sedang hamil 8 week (2 bulan). Saya tentu berharap segera dapat PR karena fasilitas untuk proses melahirkan sangat membantu dari segi biaya.

    Namun karena mengingat syarat PR yang utama adalah telah tinggal di sgp minimal 6 bulan, saat itu usia kandungan istri sudah mencapai 8 bulan…

    Untuk proses PR sendiri butuh waktu yang tidak pasti, paling cepat katakanlah 1 bulan. Maka saat PR saya jadi, itu tepat dengan kelahiran anak pertama saya. Padahal untuk mendapatkan fasilitas medisave, PR harus milik pasien alias istri saya sendiri…
    Jadi intinya, saya tidak mungking dapat fasilitas PR ini saat kelahiran anak pertama saya ya pak?

    apakah ada saran pak?

    apakah mungking PR bisa approved jika kita baru tinggal dan bekerja di sgp selama kurang dari 6 bulan ?

    mohon advisenya pak

  42. cakriwut - October 26, 2011

    Salam,

    Pertama-tama selamat datang dan selamat berjuang di negeri Singa.
    Ada beberapa hal yang perlu diluruskan tentang PR, medisave
    1. Medisave , penggunaan medisave untuk bayi dalam kandungan tidak harus milik pasien (si Ibu) tetapi dapat menggunakan milik ayah. Jadi tidak perlu khawatir.
    2. Kelahiran bersubsidi, pada dasarnya adalah potongan harga yang diperoleh oleh ibu (PR/SC) jika melahirkan di RS pemerintah dan menandatangani permohonan kelahiran bersubsidi. Kelahiran bersubsidi ini biasanya akan ditangani oleh dokter senior dengan disaksikan oleh dokter yang sedang belajar. Anda tidak dapat memlih dokter sendiri, karena akan ditentukan oleh RS disesuaikan dengan jadwal yang ada.

    Kembali ke pertanyaan awal,
    1. Mungkinkah mendapat fasilitas PR pada saat kelahiran?
    Jika PR diterima dekat dengan waktu melahirkan, maka istri Anda dapat memilih kelahiran bersubsidi. Jika PR diterima maksimal bulan ke-4 kehamilan, maka istri Anda juga dapat memilih paket pemeriksaan bersubsidi. Namun karena PR baru saja diterima, kemungkinan besar medisave sangat tidak mencukupi – jadi bersiap-siaplah menyediakan dana lain.

    2. Mungkinkah PR bisa disetujui jika tinggal kurang dari 6 bulan?
    Hal ini akan kembali kepada status pekerjaan Anda. EP-P1 / PEP memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan persetujuan PR kurang dari 6 bulan. Namun harus diingat bahwa peluang lebih besar bukan berarti pasti diterima.

    Akhirnya jika PR tidak diterima, sebaiknya Anda memilih menggunakan RS swasta seperti Thomson, Mount Elisabeth etc; karena harga yang dibayarkan tanpa subsidi cenderung sama dengan RS swasta. Saran saya bandingkan paket-paket persalinan yang ada. Dalam membandingkan paket-paket itu perhatikan perkiraan biaya ibu, biaya anak dan biaya kamar – karena kadangkala paket hanya mencantumkan biaya ibu saja.

    Anda juga sebaiknya segera membuka kartu kredit di Singapore sebagai dana cadangan untuk pembayaran. Ingat bahwa pada saat pendaftaran proses persalinan, Anda diwajibkan untuk membayar uang jaminan; dan untuk itu bisa menggunkan cash atau kartu kredit.

    Regards,

    Riwut Libinuko

  43. Anne - November 29, 2011

    Dear P’Riwut,

    Saya mau tanya, suami saya sudah bekerja diSpore n mendapat EP, kerja kontrak 2 th.
    Pertanyaan saya:
    1. mungkinkah dia mensponsori saya sebagai dependant pass, agar saya bisa mencari pekerjaan disana?
    2. mungkinkan dia mensponsori anak kami sebagai dependent pass juga, agar bisa bersekolah di sekolah pemerintah dgn hrg lokal?
    3. kapan sebaiknya PR di apply dan bagaimanakah kemungkinannya saat ini?
    4. mungkinkah mendapat PEP dgn status kontrak kerja? pengalaman di Jakarta sudah 14 th.

    Atas bantuan bapak, sy ucapkan banyak terima kasih.

  44. Nita - December 5, 2011

    Dear Pak,

    Saya seorang ibu yang ingin menyekolahkan putri saya (11th) di SG. Dan saya ingin mendampingi dia bersekolah disana. Apa saja yg harus saya persiapkan. Apakah saya juga bisa bekerja disana?

    Terima kasih atas bantuan infonya.

  45. cakriwut - December 14, 2011

    Salam,
    Saya berasumsi bahwa Anda dan anak belum memiliki ijin tinggal di Singapore. Untuk anak Ibu, silahkan mengurus Visa Pelajar (Student Pass). Student pass ini dikeluarkan oleh ICA dengan syarat antara lain:
    1. Memiliki guardian. Guardian ini adalah penjamin Singaporean Citizen/Permanent Resident selama si anak bersekolah di Singapore. Guardian dibutuhkan hingga anak berusia 17 th.
    2. Memiliki asuransi. Informasi tentang asuransi ini dapat diperoleh langsung dari sekolah misalnya Prudential, NTUC dan lain-lain.
    3. Memiliki surat penerimaan dari sekolah.
    Proses aplikasi bisa dilakukan online, untuk informasi lebih lanjut bisa dibaca disini : http://www.ica.gov.sg/services_centre_overview.aspx?pageid=256

    Anda sendiri bisa mengajukan LTSVP (Long Term Social Visit Pass) dengan jalur sebagai ibu pemegang student pass. Pengajuan LTSVP tetap membutuhkan sponsor Singaporean Citizen/Permanent Citizen. Akan tetapi SC/SPR tidak perlu memiliki hubungan keluarga secara langsung dengan Anda, karena Anda telah memiliki anak yang memegang student pass.
    Proses aplikasi bisa dilakukan online oleh sponsor, untuk informasi lebih lanjut bisa dibaca disini : http://www.ica.gov.sg/page.aspx?pageid=174&secid=171

    Semoga informasinya bermanfaat,

    Riwut L

  46. tata - December 8, 2011

    pak,saya butuh info mengenai…apply PR di singapore pak..bagaimana cara saya mendapatkan izin menetap di singapore dengan basic education saya di jakarta hanya SMEA..dan berencana menikah dengan malaysian yg sudah menetap di Singapore selama +/- 6tahun..dan statusnya sudah menjadi PR di singapore …apa saja yg harus disiapkan dan apakah dengan basic education saya yg hanya SMEA di jakarta ini akan menghambat saya dalam apply PR nantinya??karena saya berkeinginan bekerja di singapore juga…mohon advicenya,pak…trims…

  47. cakriwut - December 13, 2011

    Salam,

    Mengingat basic pendidikan hanya SMEA, mohon maaf mungkin sangat sulit dalam kondisi pemerintah Singapore sedang dalam sorotan tajam publik. Jika Anda menikah dengan SPR Malaysian, maka Anda bisa menggunakan social visit pass yang berlaku 1 – 5 tahun. Setelah tinggal di Singapore, Anda dapat melamar pekerjaan dan untuk itu social visit pass harus diganti dengan ijin kerja dari MOM. Setelah Anda tinggal cukup lama di Singapore, mudah-mudahan Anda bisa mengajukan diri menjadi PR.

    Thanks,

    Riwut

  48. Nicho - December 19, 2011

    Hello mo share pengalaman di singapore,dulu saya pernah ngelamar di RWS(Resort World Sentosa) ketrima sebagai Guest service ambassador,dan di MBS di KuDeTa ,dan 2 company lain yang ada di singapore SEMUA berakhir dgn work pass REJECTED… makan ati,saya disana 3 bulanan hampir semua job interview saya passed,tapi work pass ketolak,yang saya mau tanyain apa di singapore emang buat indonesian harus minim S-Pass ??soalnya saya tanya temen2 mainland chinese mereka pake work permit tapi bisa kerja dgn salary diatas 2000SGD… kebetulan saya dulu pengalaman di kapal pesiar selama 3 tahun,dan edu level saya yg agak rancu… terakhir saya skul di sekolah kapal pesiar di MSNj cikarang (keterampilan) dan tidak ada level diploma maupun degree…apa edu level saya ato apanya ??kenapa anak2 filipino and mainland chinese mereka mudah banget dapetin work pass ?? nanti januari saya ambil diploma di australia,saya lihat di daftar MoM,skul saya tidak masuk daftar list,tapi apkah stelah lulus dari australia ada kemungkinan saya bisa dapat at least S-Pass dulu,sampe sekarang saya masih curious buat kerja di singapore,trims sarannya

  49. Susie - July 7, 2012

    hi nicho, saya pengen banget kerja di RWS ataupun di casino nya, bs tolong diinfo kan cara ngelamar nya dimana yah? Will appreciate your help 🙂 Thx!

  50. mariana - December 23, 2011

    Saya mau tanya cara bikin PR di singapur gmn y?syaratnya apa saja?biaya nya brp y?rencananya saya dan suami ingin cari kerja disana..maka kami ingin buta PR..tp bingung harus mulai darimana dulu..saya sudah sering tinggal di singapore..paling lama 1 bulan..tp apa itu bisa menjamin agar saya gampang mengurus nya…thnx..

  51. cakriwut - January 11, 2012

    Salam,

    Untuk dapat bekerja di Singapore tidak selalu harus PR. Anda bisa mencari kerja dengan menggunakan Visit Pass, dan kemudian diubah menjadi visa kerja (S-Pass, Q-Pass, EP dll).

  52. mariana - December 23, 2011

    Saya mau tanya cara bikin PR di singapur gmn y?syaratnya apa saja?biaya nya brp y?rencananya saya dan suami ingin cari kerja disana..maka kami ingin buta PR..tp bingung harus mulai darimana dulu..saya sudah sering tinggal di singapore..paling lama 1 bulan..tp apa itu bisa menjamin agar saya gampang mengurus nya…thnx..

  53. Anik - January 8, 2012

    Hai Pak Riwut,
    Mohon pencerahannya, setelah bekerja & tinggal selama 4 tahun lebih di Spore dgn EP, akhirnya saya & suami memutuskan untuk apply PR tahun ini karena berencana untuk tinggal lama dan memiliki anak di sini.
    Ada persyaratan PR yg membuat saya agak bingung yaitu testimonial dari previous company yg menyatakan durasi kerja dan gaji. Nah, kalo sejak pindah ke Spore saya belum pernah pindah kantor, berarti saya harus menyertakan surat referensi dari kantor saya yg sebelumnya ada di Jakarta ya? Saya punya ref letter dr kantor lama saya, tp hanya ada pernyataan lama kerja tanpa ada pernyataan soal gaji.
    Makasi banyak ya Pak 🙂

  54. cakriwut - January 8, 2012

    Salam,

    Setahu saya tidak ada persyaratan PR yang mensyaratkan referensi dari kantor sebelum. Annex 4A, adalah satu-satunya persyaratan surat referensi dari kantor sekarang. Formulir isian Annex 4A ini bisa diminta dari perusahaan Anda bekerja pada saat ini. Dengan masa kerja di perusahaan sama lebih dari 4 tahun, biasanya permintaan semacam ini tidak sulit dan dapat diajukan di HR. Jika perusahaan tidak mau mengisi Annex 4A, Anda bisa mengisi informasi publik mengenai perusahaan Anda sesuai dengan kolom isian yang ada – dan tentunya tanpa dibubuhi cap / tanda-tangan perusahaan; Anda juga harus membuat surat pernyataan yang intinya HR tidak melayani permintaan referensi Annex 4A – dan Anda & keluarga dapat memberi kontribusi yang baik ke Singapore.

    Jadi singkatnya,
    1. Surat referensi itu diperoleh dari perusahaan saat ini, dengan mengisi Annex 4A.
    2. Jika perusahaan tidak mau mengisi Annex 4A, Anda bisa mengisi Annex 4A tanpa stempel/tanda-tangan + membuat surat pernyataan.

    Semoga sukses.

  55. Tije - January 10, 2012

    Mas Riwut,

    Saya sudah bekerja di SG dan mendapat EP dengan kerja kontrak.
    Saat ini baru berjalan 2 bulan, pertanyaan saya adalah
    1. Apakah saya dapat mensponsori istri dan anak saya sebagai dependant pass, agar istri bisa mencari pekerjaan dan anak dapat bersekolah di SG? apakah ada semacam masa tunggu?
    2. Jika mengacu syarat residensial, maka 4 bulan lagi saya boleh mengajukan PR, bagaimanakah kemungkinannya saat ini?
    3. Mungkinkah mendapat PEP dgn status kontrak kerja? pengalaman di Jakarta sudah 14 th dibidang yang sama dengan pekerjaan sekarang.

    Mohon dibalas ya. Terima kasih.

  56. cakriwut - January 11, 2012

    Salam,

    1. EP P1/P2 bisa langsung mengajukan permohonan dependent pass.
    2. Ya, dalam 4 bulan lagi boleh mengajukan PR. Saat ini kemungkinannya lebih baik ketimbang 2010-2011 yang lalu.
    3. PEP tidak ada hubungan dengan status kontrak kerja, tetapi berhubungan dengan gaji bulanan yang diterima. EP P1 boleh langsung mengajukan PEP, sedangkan EP P2 harus menunggu masa kerja 2 tahun sebelum dapat mengajukan PEP. PEP berlaku selama 5 tahun dan tidak dapat diperpanjang, artinya Anda harus konversi menjadi PR.

    -Riwut-

  57. bang madun - February 5, 2012

    Mas Riwut

    Saya usia 46 thn,saya lulusan SMK,punya istri 3 anak.saya lihat banyak lowongan kerja restaurant disingapore,kalau dilihat syarat ketrampil yang diperlukan sepertinya saya lolos,sebab saya banyak pengalaman kerja restaurant diamerika 5tahun.yang saya tanyakan berapa biaya yang harus saya bayar lewat agent kerja online seperti Jobstreet/monster dll.bisakah saya dapat S pass dengan kondisi seperti diatas dari pemerintah singapura,sebab saya berusaha cari kerja yang perusahannya mau bantu S pass dan sejenisnya.mohon pencerahannya mas Riwut,terima kasih.

  58. cakriwut - February 5, 2012

    Salam,

    Sejauh yang saya tahu, para head-hunter tidak memungut biaya dari pencari kerja. Saya sendiri pasti menolak kalau ada head-hunter/agent yang meminta bayaran untuk mencarikan pekerjaan. Mereka biasanya mendapatkan komisi dari pekerja yang berhasil ditempatkan.

    Berikutnya mengenai lowongan kerja di restaurant, memang sepertinya banyak. Tetapi, pada umumnya mereka mencari fresh-graduate atau Singaporean/PR. Tetapi – sekali lagi jangan putus harapan, selama Anda berniat untuk mencari penghasilan, mudah-mudahan akan selalu ada jalan.

    -Riwut-

  59. Acel - February 12, 2012

    Pak Riwut,

    saya mau tanya nih…
    bisa ngga yah saya (org Indo) melamar sebagai driver dsana? banyak sih lowongan di internet tp persyaratannya selalu u/PR/SPR
    walaupun saya belum pernah kesana tapi ada rencana sih u/main 2-3hari ke Negeri Singa.
    terus masalah SIM bagaimana? SIM A saya apakah harus di rubah ke Class 3/A or class 4.

    dan seandainya ada peluang, berapakah pajak jadi driver di sana?

    Terima Kasih Pak Riwut

    -AceL-

  60. cakriwut - March 1, 2012

    Salam,

    Driver dibatasi untuk penduduk Singapore. Penduduk luar Singapore yang ingin bekerja menjadi driver, harus memiliki perushaaan yang menugaskannya sebagai driver.

    -Riwut-

  61. Vence - March 2, 2012

    mau tanya nih kk,
    saya kan lulusan communication design (bachelor) dari australia, nah sejak maret 2009 saya dah plg ke indonesia.
    selama itu saya kerja sama orang tua, sampe skrg ini saya mau coba kerja di singapore.
    nah tp pekerjaan yg saya pengen tuh jd personal trainer, saya dah cari2 sekolahnya, dan dapat di FISAF, tp sekolahnya hanya 2minggu untuk mendapatkan certificate personal trainer dan sekolahnya mulai april 15 ini. rencananya sih setelah dapat certificate saya mau apply job sebagai personal trainer.
    yg saya mau tanyakan, max stay di sg kan 30hari, bisa ga ya saya apply visa apa gitu yg bisa buat tinggal lbh lama, atau work visa langsung jd biar lebih gampang cari kerjaannya. klo saya hitung2 setalah 2minggu sekolah, sisa 2minggu lagi buat cari kerja rasanya terlalu mepet gitu.
    apa gmn saran kk ya?
    thx a lot

  62. cakriwut - March 14, 2012

    Salam,

    Untuk tinggal lebih lama di Singapore, Anda bisa menggunakan e-extend (https://www.psi.gov.sg/NASApp/tmf/TMFServlet?app=STSVP-PUBLIC&isNew=true&Reload=true). Jika disetujui, maka Anda akan diberi 30-60 hari lebih lama tinggal di Singapore. Pembuatan visa kerja tidak bisa dilakukan oleh pekerja, melainkan oleh perusahaan. Jadi menurut saya, jika Anda belum memiliki pekerjaan; Anda bisa melamar pekerjaan dari Indonesia dan menunggu diterbitkannya IPA (In Principal Approval) untuk visa kerja Anda – sebelum kemudian berangkat ke Singapore.

    -Riwut-

  63. Putrie Yulinasari - March 4, 2012

    Pak, saya berencana akan menikah di bulan september 2012, calon suami saya adalah warga negara singapore. yang inigin saya tanyakan:
    1. Kalau saya ingin membuat PR apakah harus tinggal di singapore selama 6 bulan atau dengan kata lain saya harus stay di singapore, apakah ada cara lain selain stay di singapore selama 6 bulan.

    2. Saya ingin sekali punya pekerjaan tetap di SG, banyak orang bilang kalau saya mendapatkan pekerjaan sebelum mendapatkan PR maka pengajuan PR saya akan ditolak bagaimana pak.

    terima kasih banyak & mohon bantuannya

  64. cakriwut - March 14, 2012

    Salam,

    Sebelumnya selamat atas rencana pernikahan Anda, semoga semua berjalan lancar.
    1. Sebagai spouse, Anda bisa mendapat sponsor dari suami (SC) agar bisa mendapat status permanent residence.
    2. Mungkin yang dimaksud adalah, Anda mendapatkan S-pass (atau kategori dibawahnya) sebelum mendapatkan PR. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus mengajukan ijin terlebih dahulu ke MOM (Ministry of Manpower) untuk melakukan pernikahan; baru kemudian mendaftarkan pernikahan ke ROM. Pernikahan S-pass (atau kategori dibawahnya) dengan SC, akan mengakibatkan bekas pemegang S-pass (atau kategori dibawahnya) ditolak masuk ke Singapore. Ketentuan ini berlaku juga untuk bekas pemegang S-pass, baik yang sudah lama meninggalkan Singapore maupun yang sudah beralih ke EP.

    -Riwut-

  65. anisa - March 6, 2012

    pak, mohon pencerahannya donk..
    saya masih mahasiswa dan agustus nanti akan wisuda, saya berencana cari kerja di singapore. kira2 gimana sih tips dan trik nya supaya nggak usah bikin visa kerja dulu, karena dari segi biaya yang cenderung mahal, dan pengajuan yang saat ini cenderung susah ya..
    dan denger2 di singapore sekarang lagi mengurangi warga asing yang bekerja di sana.

  66. cakriwut - March 14, 2012

    Salam,

    Visa kerja hanya bisa diperoleh setelah mendapatkan pekerjaan. Jadi jangan percaya dengan agen yang akan membuatkan visa kerja, tanpa mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu.

    -Riwut-

  67. Patricia - March 7, 2012

    Pak, sya telah mendapatkan pekerjaan di salah satu universitas disana sbagai project lab, namun sya binggung bagaimana mengisi DP form12 dan EP_Spass_form8, sya masih di indonesia, dan form diatas dalam bentuk pdf, sebab di minta mengisi keterangan tentang perusahann tempat sya bekerja,, bisakah anda memberikan sya kejelasan apa yg harus sya isi? terimakasih sebelumnnya

  68. sanny - March 12, 2012

    Salam Pak Riwut,
    Mau tanya kalo seorang WNI (perempuan) akan menikah dengan laki2 Sporean. then dia kalo register di ROM cuma perlu passport. tp sesudah itu kalo mau apply PR, persyaratannya apa aja? emank ada syarat kalo dia tidak boleh bekerja selama 3 tahun di Spore. atau dia mesti keluar dari Spore kalo sudah 6 bulan tinggal di sana. terus dia ga bisa pny working pass donk kalo gitu ?

    Sorry karena saya buta ttg ini, makanya benar2 ga paham. Mohon pencerahannya ya, Pak. thanks
    Sanny

  69. cakriwut - March 14, 2012

    Salam,

    Sebagai pasangan (spouse) SC, maka Anda boleh mengajukan diri sebagai PR. Pasangan Anda yang akan menjadi sponsor permohonan PR. Tetapi, jika Anda pernah masuk dan bekerja di Singapore dengan menggunakan S-pass atau kategori dibawahnya; maka Anda harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari MOM sebelum melakukan pernikahan / mendaftar di ROM.

    -Riwut-

  70. cakriwut - March 15, 2012

    Salam,

    Dokumen yang dibutuhkan untuk menjadi PR bisa diperoleh disini (http://www.ica.gov.sg/page.aspx?pageid=151&secid=150), antara lain Akte Kelahiran, Surat Nikah, IC sponsor (suami), Ijazah terakhir, Surat keterangan perusahaan (jika ada), Laporan Pajak (suami) dsb.
    Visa kerja, visa kunjungan dan PR tidak boleh dicampur-adukkan.
    1. Visa kerja diperoleh dari MOM (Ministry of Manpower) – visa ini dimintakan oleh perusahaan sebagai sponsor untuk pekerja asing yang akan bekerja di Singapore. Calon pekerja asing yang ingin bekerja di Singapore, hanya bisa mendapatkan visa kerja setelah mendapat kepastian pekerjaan.
    2. Visa kunjungan – secara default setiap penduduk negara anggota ASEAN akan mendapat visa kunjungan maksimal 30 hari; untuk mendapat visa kunjungan lebih dari 30 hari mereka harus mengajukan permohonan ke department imigrasi setempat (untuk negara Singapore dikenal dengan ICA – Imigration and Checkpoint Authority). Di Singapore ada beberapa cara untuk mendapat visa kunjungan jangka menengah atau jangka panjang; misalnya dengan e-Extend (untuk mendapatkan tambahan 60-90 hari), LTSVP (untuk mendapatkan tambahan 1 – 5 tahun) dsb.
    3. PR adalah status residensial di suatu negara yang memberikan hak tambahan kepada si pemegang status, diantaranya hak untuk bekerja dan mendapat penghasilan dari negara tersebut. PR Singapore berhak untuk bekerja di Singapore tanpa harus melaporkan diri ke MOM terlebih dahulu. Masih ada hak-hak lain yang diperoleh berkenaan dengan status PR. Untuk dapat keluar masuk ke Singapore, PR Singapore harus memiliki visa keluar-masuk (re-entry permit), tanpa visa ini seorang PR dapat ditolak masuk ke Singapore.

    Jadi,
    1. Tidak ada persyaratan yang melarang tidak boleh bekerja selama 3 tahun.
    2. Seseorang harus keluar dari Singapore, jika ijin tinggalnya berakhir.
    3. Seseorang tidak dapat memasuki Singapore, jika tidak memiliki visa untuk memasuki Singapore.
    4. Permohonan working pass/visa kerja diajukan oleh perusahaan, dan calon pekerja boleh tetap berada di luar Singapore.

    -Riwut-

  71. Joni - March 16, 2012

    Cak,

    Kalau saya sedang menunggu s-pass, form 8 sudah di isi, apakah boleh ke Singapore atau stand by di Singapore?
    Visit pass apa yang di gunakan?

    Makasee..!

    – Joni –

  72. cakriwut - March 17, 2012

    Salam,

    Boleh saja asal punya visa kunjungan. Tapi kalau mau lebih hemat, tunggu saja hingga aplikasinya disetujui.

    -Riwut-

  73. monica - March 18, 2012

    hallo,

    numpang nanya lpr itu samakah kaya epec? jika tidak sama apply LPR skrg masi berlaku? jika masi berlaku, apply lpr yang lebih hemat bagaimana ya? thx

  74. cakriwut - March 19, 2012

    Salam,

    LPR tidak sama dengan EPEC. Yang pertama terkait ijin untuk menjadi PR, sementara yang kedua terkait ijin bekerja. LPR ditangani oleh beberapa agen yang ditunjuk oleh ICA. Kalau hanya ingin bekerja, tidak perlu LPR, ataupun EPEC; cukup dengan visa kerja yang akan diurus oleh perusahaan.

    Riwut

  75. widi - March 25, 2012

    Hi mas… boleh tahu alamat emailnya?

  76. Bantar - March 26, 2012

    P’Riwut,

    Berapa lama proses EP untuk selesai diproses MOM: secara rata-rata, paling cepat dan paling lama (sepengetahuan P’Riwut). Berhubung ini berhubungan dg waktu resignation notice saya di perusahaan sekarang. Saya sudah diterima di sebuah perusahaan IT/finance di SG, dibilang sih sekitar 1-2 minggu bisa selesai oleh HR-nya, cuma takutnya direject saja, sehingga itung-itung waktu utk resign jadi berantakan.

  77. cakriwut - March 26, 2012

    Hi,

    Betul kata HR Anda, paling cepat 1 minggu sejak online submission date. Paling lama 3 minggu.
    Kalau ditolak, Anda dan HR masih bisa mengajukan appeal, proses appeal bisa 2 sampai 3 minggu.
    Approval EP juga dipengaruhi oleh kredibilitas perusahaan, status pekerjaan kontrak/permanen, jenis pekerjaan dan gaji. Anda sebaiknya mengajukan pengunduran diri setelah menerima In Principal Approval.

    Salam,

    Riwut

  78. indah - March 26, 2012

    Sore Pak,

    jika ingin mmbuka perusahaan di singapore gimana caranya ya?
    prosedur,cost,agency dll

    bisa bantu informasinya

    Many thanks,
    asty

  79. Joni - April 4, 2012

    Cak, suwun untuk jawabannya, Joni kembali beraksi.

    Sekarang mau tanya lagi Cak.
    Saya berencana untuk mengambil SPR setelah beberapa saat dari work pass tersebut.
    Apakah dalam masa tunggu untuk mendapatkan SPR tersebut saya boleh pergi ke Indonesia 1-2 hari (misal dalam 6 bulan, saya pergi ke Indonesia untuk suatu keperluan)?
    Apakah nantinya kunjungan ke Indonesia ini akan mempengaruhi lolos atau tidaknya SPR tersebut?

    Suwun untuk bantuannya Cak, waktu itu mau langsung reply dan say thank you, tapi internetnya lagi ndut ndut’an.

  80. SIGIT SUGIYANTO - April 21, 2012

    Dear Pak Riwut,

    salam kenal sya sigit, saya dulu pernah kerja di singapore pertama under trainee 6 bulan saya pake work pass, dan kemudian saya continue pake s pass selama 2 tahun, kan tetapi waktu itu say tidak bisa perpanjang s pass saya denganalasan yg saya sendiri tidak tahu, pertanyaan saya saya pengen bekerja lagi di singapore gimana kah caranya agar bisa dapat s pass lagi, terima kasih salam

  81. cakriwut - April 22, 2012

    Salam,

    Untuk mendapatkan visa kerja lagi, tentu saja Anda harus mendapatkan pekerjaan. Mendapatkan pekerjaan di Singapore bisa dimulai dengan memasang CV di portal pencari kerja seperti http://www.jobsdb.com.sg atau http://www.monster.com.sg.

    -Riwut-

  82. deedee - April 30, 2012

    halo,

    saya dapat kesempatan bekerja di singapura. tapi saya masih nego mengenai working permitnya diurus kantor tsb atau tidak.

    yang jadi pertanyaan saya, bila diurus oleh kantor namun taxes dan feenya harus saya bayar sendiri, taxes dan fee yang akan saya bayar itu apa aja dan kira-kira berapa ya?

    trims. 🙂

  83. nikson - May 8, 2012

    Salam,
    Saya mau melangsungkan pernikahan di singapur, apa persyaratan yang harus saya lengkapi,

    Regards,

  84. cakriwut - May 9, 2012

    Salam,

    Wah saya belum pernah menikah di Singapore. Persyaratannya bisa dilihat di ROM alias registration of marriage, badan yang mengurusi masalah pernikahan.

    Riwut

  85. kevin - May 13, 2012

    Pak saya mau nanya nih, saya kan puny papa org singapore, tpi status ku masih org indo, saat ni umur ku 21 taon apakah mungkin masih bisa mendapatkan Long term pass, saya sudah diterima kerja di singapore, tpi aplly ku di tolak MOM karna education ku gk terlalu tinggi, gimana yah solusi na pak

  86. Dora - May 20, 2012

    Halo pak riwut..
    Saya baru 9 bln tinggal d sing, dan skrg saya masi pegang student pass yg berakhir pada januari 2013. Saat ini saya sdg menjalankan apprenticeship selama 1 thn.
    Saya berencana untuk tinggal d sing kedepannya dan saya berencana untuk apply PR. Tetapi setelah saya membaca isi dari blog bapak, sepertinya kecil kemungkinan saya untuk apply PR. Dan pertanyaan saya :
    1. Apakah bisa saya apply PR dan pass saya saat ini hanya student pass yang akan berakhir 8 bln lagi?
    2. Apakah sponsor kita harus dari perusahaan?
    Sekian pertanyaan saya dan saya mohon bantuan pencerahannya,, terimakasih

  87. cakriwut - May 23, 2012

    Salam,

    Menurut kolega saya yang bersekolah di NUS atau NTU, dahulu biasanya mereka akan mendapat undangan untuk menjadi PR. Tetapi, mungkin kebijakan tersebut telah berubah mengingat pemerintah Singapore sekarang membatasi jumlah PR.

    1. Bisakah apply PR?
    Menurut saya tidak ada ruginya apply PR kalau memang ingin tinggal dan menetap di Singapore, toh tidak dikenakan biaya.
    2. Apakah perlu sponsor dari perusahaan?
    Apply PR tidak memerlukan sponsor dari perusahaan. Salah satu kelengkapan Annex 14, adalah pernyataan dari perusahaan tentang status sebagai pekerja – yang bisa digantikan dengan pernyataan pribadi.

    -Riwut-

  88. ivan - May 22, 2012

    Pak , berapa singapore dollar biaya hidup untuk yang masih single di singapore yang ingin kuliah di singapore(sudah termasuk tempat tinggal , dll)?

  89. cakriwut - May 23, 2012

    Salam,

    Untuk biaya kuliah tergantung dari universitasnya, jadi bervariasi.
    Untuk biaya hidup dengan kira-kira SGD 1000 – SGD 1500 (mungkin bisa lebih, bergantung gaya hidup).

    -Riwut-

  90. jimmySnake - July 16, 2012

    apakah ada agen LPR selain SMCMC PAK????kalo bisa yang alamat nya di singapura…karena saya mau langsung ke sg untuk ngurus LPR saya……..
    atas bantuannya saya ucapkan trimakasih

  91. cakriwut - August 7, 2012

    Salam,

    Setahu saya LPR sudah dihapuskan.

    -Riwut-

  92. vv - July 23, 2012

    hi..
    salam kenal…
    sekarang aku kerja di sg, ud bbrp tahun tapi company ga support buat apply PR jadi ga dikasi payslip or income tax (padahal itu syarat apply PR), ud pna tanya ke iras tapi ’empty’
    ud apply PR jg (ngumpet2 dr company, tanpa surat sponsor company) tapi ica kirim surat pemberitahuan rejected nya di terima hrd akhirnya boss tau jg – menurut aku & bbrp tmn, harusnya ica kirim letter under nama pribadi aku, gichu ga? cuma mm pake alamat company krn aku stay di mess (1 building ama company)jd antara hrd yg jaat main buka tu letter biarpun ad nama aku or mm ica ga nulis nama aku, hasilnya 3x di rejected tp ga mo give up
    alasan ap y yg kira2 bisa bikin ica approve PR nya?
    katana dl kl alasan mo married, bisa di approve tu tapi kl liat situasi sekarang kan makin susa, jd binun 🙁
    thanks

  93. cakriwut - August 7, 2012

    Salam,

    Ada beberapa komentar untuk cerita Anda,
    1. Payslip , biasanya dalam bentuk electronic – dan merupakan hak Anda untuk mendapatkan payslip.
    2. Income tax, income tax adalah kewajiban Anda kepada negara. Oleh karena itu perusahaan tidak punya otoritas untuk memberikan income tax. Anda bisa membuka http://www.iras.gov.sg untuk mendapatkan informasi income tax yang telah Anda bayarkan. Untuk membuka data, Anda membutuhkan SingPass (www.singpass.gov.sg) yang dapat diperoleh dengan mendaftarkan FIN maupun IC.
    3. Selama Anda masih pemegang EP, maka alamat korespondensi yang digunakan oleh agen pemerintah (ICA, MOM dll) adalah alamat sponsor; dalam hal ini adalah perusahaan. Jadi memang benar ICA akan mengirim korespondensi ke alamat perusahaan Anda, tetapi perusahaan tidak berhak untuk membuka surat dari ICA. Jika hal ini terjadi, Anda bisa menuntut perusahaan karena telah melanggar kerahasiaan. Anda bisa menggunakan alamat pribadi, jika telah mengubah EP menjadi PEP (Personalized EP) yang berlaku 5 tahun.
    4. Pada dasarnya Anda berhak untuk mengajukan PR tanpa surat dari perusahaan; dan mengenai kemungkinan diterima atau tidak – tentu hanya ICA yang tahu.

    -Riwut-

  94. joe - August 3, 2012

    Hi pak riwut, saya baru saja lulus dari smkn teknik komputer saya berencana untuk kuliah di singapura, tapi saya pusing dengan segala informasi yang kurang jelas, jadi yang ingin saya tanyakan adalah, dokumen apa saja yang perlu disiapkan untuk bisa tinggal disana sebagai PR atau student, lalu apa ada hal lain yang vital yang harus saya siapkan mengingat saya bersekolah disana bukan mengunakan beasiswa, lalu ada beberapa hal yang mengganggu saya bahwa ketika kita mengambil PR kita tidak boleh bekerja disana selama kurun waktu 1 tahun, benarkah itu? Sekali lagi saya mohon bantuan anda pak.

  95. joe - August 3, 2012

    Hi pak, saya mau bertanya, saya baru saja lulus smkn teknik komputer, jadi saya bermaksud melanjutkan kuliah di singapura, nah saya bingung dengan ketentuan nya adakah dokumen-dokumen vital yang perlu saya urus, mengingat saya ingin melanjutkan bukan dengan bantuan beasiswa, jadi saya mohon bantuan bapak, karena saya dengar untuk sekolah juga di perlukan PR, sekali lagi saya ucapkan terima kasih

  96. cakriwut - August 7, 2012

    Hallo,

    Untuk melanjutkan sekolah di Singapore, dibutuhkan minimal visa pelajar (student pass). Visa lain yang bisa digunakan seperti Dependent Pass atau PR.
    Dokumen yang dibutuhkan, bukti penerimaan dari universitas di Singapore, asuransi pelajar, bukti diri (ijasah, akte kelahiran).

    Salam,

    Riwut

  97. Leo - August 7, 2012

    Dear Cah Riwut,

    Gw dah dapat kontrak kerja di company SG dan company mau apply EP1/2 buat gw karena menurut company, hasil kerja gw okay.Namun gw baca2, ada persyaratan akademis mis.min.lulusan S1,sedangkan saya dulu hanya menyelesaikan semua SKS kecuali skripsi.Selain itu, semua persyaratan termasuk kompetensi gw seperti tidak ada masalah. Nah, kira-kira apa pendapat Cah mengenai EP1/2 ini? Thanks buat advise Cah.

  98. Tina - August 14, 2012

    Mas,
    Aku diterima kerja di Spore dan EP diurus oleh company.
    Bisa bantu info tempat tinggal di daerah Boon Lay, Lakeside atau Jurong?

    Thanks.

  99. hendra - August 23, 2012

    Dear Pak Riwut

    pak apakah bisa dishare untuk masalah visa kerja di SQ, perush yang menghire saya sednag dalam proses pngajuan EP,
    Yang ingin saya tanyakan setelah mendapatkan EP, bagaimana prosesnya sampai didapat visa ?
    kemudian dokumen apa saja yang harus saya siapkan.
    Untuk terjemahan seperti akte lahir ke bahasa inggris sebaikanya dilakukan melalui lembaga apa ya pak yang diakui di SQ.
    Mohon infonya pak
    Terimakasaih

    salam
    hendra

  100. David - August 27, 2012

    Malam
    Saya ingin bertanya jika ingin memulai usaha di Singapura , apa yang harus di lakukan terlebih dahulu ?
    Perizinan atau Mengurus PR ?
    Dan apakah kita yang bukan PR bisa melakukan proses sewa menyewa di Singapura ?
    Terima kasih sebelumnya

  101. hanny - September 13, 2012

    Hallo,

    Saya tertarik untuk tinggal di singapore, tp umur sudah 42 th. bisakah mebuka bisnis di sana (restoran) dan bila bisa bagaimana caranya

  102. hanny - September 13, 2012

    Hallo,

    Saya tertarik untuk tinggal di singapore, tp umur sudah 42 th. bisakah membuka bisnis di sana (restoran) dan bila bisa bagaimana caranya ?

  103. cakriwut - October 25, 2012

    Salam,

    Tentu sangat mungkin untuk membuka bisnis restaurant. Untuk itu, Anda perlu mendirikan private limited yang bisa didaftarkan melalui ACRA. Anda juga perlu mendapatkan ijin kerja yang sesuai, sebelum bisa mulai usaha di Singapore.

    -Riwut-

  104. dewi sartika - September 20, 2012

    Dear pak Riwut… maaf mengulangi pertanyaan teman-teman lainnya, saya lulusan apoteker, suami lulusan SMA, dengan anak 2 umur 7 tahun dan 2 tahun.. kami berencana mencari kerja di singapur,kami ingin urus LPR, untuk agen resminya yang bapak rekomendasikan agen mana ya pak? syarat2nya apa saja ya pak? LPR itu ada kadaluarsanya tidak ya pak? kalo saya mau mulai mengajukan, tindakan apa yg harus saya lakukan pertama sekali.. mohon infonya pak.. thanks banget sebelumnya

  105. cakriwut - October 25, 2012

    Salam,

    Singapore saat ini tidak membuka LPR.

    -Riwut-

  106. lindawaty - January 27, 2013

    suami saya sudah PR singapore 5 tahun, terus saya sedang proses mengurus PR,
    sekarang saya sedang hamil dan bingung ingin melahirkan di indonesia atau singapore,
    karena yang saya tau biaya melahirkan di singapore terbilang mahal, dan bila melahirkan di indonesia
    nextnya akan repot mengurus doc dan akan memakan biaya lebih besar….
    apakah semua itu benar?adakah saran buat saya?Thanx

  107. cakriwut - February 2, 2013

    Salam,

    Menurut saya sama saja, coba simak proses pengurusan dokumen kelahiran di Singapore & Indonesia
    1. Di Singapore
    Lahir => Birth cert Singapore, ICA => Pencatatan kelahiran, KBRI => Passport, KBRI => Visit pass (90 hari), ICA => LTSVP/PR , ICA
    2. Di Indonesia
    Lahir => Akta kelahiran, Dispenduk => Passport, Imigrasi => Visit pass/LTSVP/PR, ICA

    Melahirkan di Singapore, terlihat lebih banyak proses jika dibandingkan dengan di Indonesia. Tapi mungkin kita sepakat bahwa pada masa lalu, birokrasi di Singapore relatif lebih terarah ketimbang di Indonesia.

    Biaya melahirkan di Singapore, dibedakan antara Foreigner, PR dan SC. Biayanya mulai dari 4000 SGD hingga belasan ribu.
    Saran saya, pilih tempat melahirkan yang paling nyaman, sesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga. Jauh-jauh hari sebelum hari kelahiran, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan beberapa rumah sakit untuk mencari tahu berapa perkiraan biaya persalinan normal/caesar. Kemudian pikirkan juga, dukungan beberapa bulan setelah persalinan; misalnya jika melahirkan di Indonesia – apakah Anda siap mandiri/mengurus bayi sendiri dalam beberapa bulan ke depan dan lain sebagainya.

    Semoga, kelak persalinannya lancar.

    -Riwut-

  108. Budi - February 11, 2013

    Cak Riwut,

    Saya sudah 4 bulan ini memperoleh LPR, sehingga tinggal 4 bulan lagi. LPR ini adalah kloter terakhir karena saya apply di awal 2011. Mohon bantuannya bagaimana saya dapat memperoleh pekerjaan di Singapore sehingga LPR saya dapat dikonversi menjadi Full PR. Saat ini saya saya masih bekerja di Indonesia di bagian perencanaan dan keuangan. Saya sebenarnya bersedia bekerja di bidang manapun di Singapore.

    Mohon bantuan informasi, apakah sebaiknya saya berangkat saja ke Singapore dan mencari pekerjaan di Singapore untuk memanfaatkan PR ini. Apakah sekarang ini mudah memperoleh pekerjaan di Singapore?

    Terima kasih

  109. cakriwut - February 13, 2013

    Salam,

    Sebaiknya LPR yang sudah diperoleh dengan biaya cukup besar dimanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk melamar pekerjaan di Singapore, Anda bisa melamar langsung (biasanya via email) ke perusahaan-perusahaan di Singapore, memasang CV di portal pencari kerja seperti monster.com.sg, jobsdb.sg dsb. Sebutkan juga status Anda sebagai LPR pada di CV untuk sebagai portofolio tambahan.

    Sebelum Anda mendapatkan konfirmasi pekerjaan di Singapore, sebaiknya pekerjaan di Indonesia tetap dipertahankan.

    -Riwut-

  110. sigit sugiyanto - July 11, 2013

    Salam Pak, saya dengan sigit sugiyanto, dulu saya pernah bekerja di sinagpore under s pass selama 2 tahun, skrng saya berencana maw balik kerja disingapore apakah bisa langsung apply pr,

    Thank you bantuannya,

    sigit sugiyanto

  111. Meli - February 16, 2015

    Hai Pak,
    Saya pernah kuliah di Singapore sejak tahun 2009 – 2013 di public university. Setelah lulus, saya pindah ke Swiss untuk melanjutkan S2. Sekarang saya ingin kembali ke Singapore dan bekerja disana. Tetapi dari semua pekerjaan yg saya apply, mereka membalas bahwa saat ini mayoritas lowongan kerja hanya berlaku untuk PR ato Singaporean.
    Jadi apakah masih ada kesempatan bagi saya untuk apply PR, mengingat saya pernah tinggal dan kuliah disana.
    Mohon balasannya. Thank you before.

  112. Evelin - April 1, 2013

    Hi pak riwut..
    Salam kenal saya evelin

    Saat ini saya sedang study di private school dengan student pass yang berakhir juni 2014..
    Kalau saya saay ini mau apply pr bisa ga ya pak?
    Lebih mudah mana antara apply pr atau singapore citizen?
    Benefit and kekurangannya dari pindah citizen indo ke sing apa ya pak?

    Mohon penjelsannya..

    Thank u

  113. Yuni - January 17, 2014

    Halo.. Mau tanya, untuk completion of formalities setelah PR di-approve apa ICA akan retain paspor kita atau kita tidak diperbolehkan untuk travel keluar sampai blue IC di-issue? Terima kasih untuk reply-nya..

  114. cakriwut - January 17, 2014

    Salam,

    Passport tidak ditahan dan kartu ID tidak diperlukan untuk re-entry ke Singapore. Yang dibutuhkan hanya re-entry permit yang akan dicetak oleh ICA.

    -Riwut-

  115. dewi traders - March 16, 2014

    Sy mau tanya pa ,,, sy pemegang longterm visit ( sy menikah denga orang singapore) , udah 3tahun ,, sy belum pernah apply pr ,, soalnya sy baru tinggal disini dan sy juga takut di tolak ,, ada spesipikasi khusus ga pa buat apply pr , selain surat2 ,,, sy tidak bekerja ( sy pernah kuliah tapi ga selesai) jadi ga qualified buat kerja di singapore.soalnya info yg sy denger simpangg siur ( selain info dari ica) … maksud sy ,,, berapa kira2 cpf suami sy biar qualified ? Kita sekarang tknggal di rumah sewa hdb ,, soalnya suami sy juga ga bisa beli rumah karena status sy ,,,sy sudah bosen pa ,,, pengen kerja ga qualified , mau apply pr masih takut ,, terima kasih ,,,

  116. Florence Rita - April 21, 2014

    Hai pak mohon bantuannya. Sy saat ini ada rencana ♏ªυ jualan di singapore spt pedagang es cream yg ada di jalan orchard. †αªρ¡ sy tdk tau bgmn caranya utk bisa berjualan makanan di singapore. Sy disini jualan baso goreng dan sy melihat jarang ada jajanan spt itu. Sy menunggu info Bp, terima kasih.

Leave a Reply